Pengertian Disiplin dan Disiplin Belajar menurut Pendapat Ahli

wawasanpendidikan.com; salah satu kata yang sudah tak asing lagi ditelinga kita adalah Disiplin. mulai dari sekolah dasarhingga hingga perkuliahan bahkan pada dunia kerja sekalipun kata ini selalu menjadi acuan dalam beraktivitas. Nah, meskipun ini sudah sangat familiar kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, apakah kita sudah faham betul apa itu disiplin? lebih khusus disiplin belajar?. kali ini sobat pendidikan akan membahas tentang pengertian Disioplin dan Disiplin dalah Belajar. semoga bermanfaat. 

Pengertian Disiplin dan Disiplin Belajar menurut Pendapat Ahli

A. Pengertian Disiplin
Disiplin berasal dari bahas latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Kata disiplin mengalami perkembangan makna dalam beberapa pengertian. Diantaranya disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian (Conny Semiawan, 2009)

Kata disiplin secara luas dapat diartikan sebagai pengaruh yang dirancang untuk membantu anak agar mampu menghadapi tuntutan lingkungan. Disiplin itu tumbuh dari kebutuhan untuk menjaga keseimbangan antara kecenderungan dan keinginan individu untuk berbuat sesuatu yang dapat dan ingin diperoleh dari orang lain atau karena kondisi tertentu dengan pembatasan peraturan yang diperlukan terhadap dirinya oleh lingkungan tempat ia hidup

Kata disiplin didefinisikan sebagai praktek melatih orang untuk mematuhi aturan dengan menggunakan hukuman untuk memperbaiki ketidakpatuhan. Oleh karena itu, tak heran definisi semacam ini sering kali mengaitkan pendisiplinan dengan alat-alat yang dipakai untuk membuat para pelaku kejahatan jera.

Disiplin bagi peserta didik adalah hal yang rumit dipelajari sebab merupakan hal yang kompleks dan banyak kaitannya, yaitu terkait dengan pengetahuan, sikap dan perilaku. Masalah disiplin yang dilakukan oleh para siswa dalam kegiatan belajarnya baik di rumah maupun di sekolah.

Untuk lebih memahami tentang Disiplin Belajar terlebih dahulu akan dikemukakan pengertian disiplin menurut beberapa ahli.
  1. Menurut Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa (1995), Disiplin mempunyai arti ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dsb ).
  2. Menurut Arikunto, (1990) Pengertian disiplin  menunjuk pada kepatuhan seseorang dalam mengikuti tata tertib karena didorong kesadaran yang ada pada hatinya.
  3. Menurut Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) (1997), makna kata disiplin dapat dipahami dalam kaitannya dengan latihan yang memperkuat, koreksi dan sanksi, kendali atau terciptanya ketertiban dan keteraturan dan system aturan tata laku


B. Pengertian Disiplin Belajar
Disiplin belajar terdiri dari dua suku kata yang sama-sama memiliki makna satu sama lain. sebelumnya telah dijelaskan secara detail tentang pengertian disiplin, baik secara bahasa maupun pendapat ahli. Sebelum membahas tentang Disiplin belajar, sebelumnya akan dijelaskan terlebih dahulu tentang pengertian Belajar.

Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan, maka jelas tujuan belajar itu prinsipnya sama yaitu perubahan tingkah laku. 

Sebagai salah satu bukti bahwa seseorang telah belajar adalah terjadinya perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu dan dari tidak mengerti menjadi mengerti.Jadi yang awalnya tidak faham dengan belajar seseorang menjadi faham.

Beberapa pengertian belajar menurut pendapat ahli antara lain:
  1. Menurut Nana Sudjana, belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil proses belajar dapat ditunjukan dalam berbagai bentuk seperti pengetahuannya, pemahamanya, sikap dan tingkah lakunya, keterampilanya, kecakapan dan kemampuanya, daya reaksinya, daya penerimaannya dan lain-lain sebagai aspek yang terdapat dalam individu. Nana Sudjana (2008)
  2. Menurut Oemar Hamalik mendefinisikan belajar dalam bukunya: learning is defined as the modification or strangtbehing of behavior thourgh experiencing. Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman. (Oemar Hamalik, 2003)
  3. Menurut Crow and Crow Learning is modification of accompanying growth processes that are brought hirough adjustment to lantion intiated throught sensory stimulation. artinya Belajar adalah perubahan tingkah laku yang menyertai perubahan dimana semua itu melalui penyaringan dan rangsangan hidup.
Berdasarkan pengertian Disiplin dan pengertian Belajar diatas maka, dapat diambil kesimpulan bahwa Disiplin Belajar adalah sikap dan perbuatan siswa dalam melaksanakan kewajiban belajar secara sadar dengan cara menaati peraturan yang ada di lingkungan sekolah maupun di rumah.

Sumber Rujukan
  • Conny Semiawan. (2009). Penerapan Pembelajaran Bagi Anak. Bandung: PT Indeks 
  • Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa Departen Pendidikan dan  Keilmuan. (1995).  Jakarta : Balai Pustaka.
  • Suharsimi Arikunto. (1990). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta : Rineka Cipta
  • Lemhannas,Disiplin Nasional. (1997).  Jakarta: PT.Balai Pustaka.
  • Nana Sudjana (2008). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
  • Oemar Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Crow and Crow. (1956). Human Development and Learning. New York: American Book Company
Semoga bermanfaat

0 Response to "Pengertian Disiplin dan Disiplin Belajar menurut Pendapat Ahli"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel