Mengapa Disiplin Sangat Penting?

wawasanpendidikan.com; pada postingan sebelumnya telah dibahas tentang Pengertian Disiplin. baik secara bahasa maupun definisi menurut pendapat ahli. nah, kali ini sobat pendidikan akan membahas tentang mengapa disiplin penting.

Mungkin teman-teman mudah saja mengerti makna disiplin, tinggal baca buku, baca artikel di internet tentang disiplin dan bahkan mampu memaparkan secara detail tentang disiplin. Namun, seyogyanya, disiplin lebih pada aplikasi sehingga ketika kita mampu berdisiplin dalam kehidupan sehari-hari, akan memberikan dampak positif untuk diri kita.

Disiplin sangat penting baik bagi masyarakat pada umumnya, maupun bagi siswa pada khususnya. terjadinya keseimbangan dalam bermasyarakat salah satunya disebabkan karena adanya kesadaran akan disiplin. Dalam pembelajaran, Disiplin akan membuat seseorang memiliki kecakapan mengenai cara belajar yang baik, juga merupakan suatu proses ke arah pembentukan watak dan karakter yang baik.

Beberapa manfaat jika mengaplikasikan disiplin dalam belajar maupun dalam kehidupan sehari-hari

1. Menata kehidupan bersama
Disiplin erat kaitannya dengan aturan. Dalam bersosialisasi dan berinteraksi di masyarakat, aturan menjadi penghubung yang dapat mempersatukan karena adanya saling menghargai dan mentaati segala aturan yang ada.

Disiplin berguna untuk menyadarkan seseorang bahwa dirinya perlu menghargai orang lain dengan cara menaati dan mematuhi peraturan yang berlaku, sehingga tidak akan merugikan pihak lain dan hubungan dengan sesama menjadi baik dan lancar.

2. Membangun Kepribadian
Pertumbuhan kepribadian seseorang biasanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Disiplin yang diterapkan di masing-masing lingkungan tersebut memberi dampak bagi pertumbuhan kepribadian yang baik. Oleh karena itu, dengan disiplin seseorang akan terbiasa mengikuti, mematuhi aturan yang berlaku dan kebiasaan itu lama kelamaan masuk kedalam dirinya serta berperan dalam membangun kepribadian yang baik.

3. Melatih Kepribadian
Sikap, perilaku dan pola kehidupan yang baik dan berdisiplin terbentuk melalui latihan. Demikian juga dengan kepribadian yang tertib, teratur dan patuh perlu dibiasakan dan dilatih. 

4. Pemaksaan
Disiplin dapat terjadi karena adanya pemaksaan dan tekanan dari luar, misalnya ketika seorang siswa yang kurang disiplin masuk ke satu sekolah yang berdisiplin baik, terpaksa harus mematuhi tata tertib yang ada di sekolah tersebut.

5. Hukuman
Seringkali pemberian hukuman dapat memberikan pengaruh positif terhadap penanaman disiplin dalam diri individu. Tata tertib biasanya berisi hal-hal positif dan sanksi atau hukuman bagi yang melanggar tata tertib tersebut. sehingga pemberian hukuman dapat menyadarkan individu untuk senantiasa berdisiplin dalam kehidupan sehari-hari. 

6. Menciptakan lingkungan yang kondusif
Disiplin sekolah berfungsi mendukung terlaksananya proses dan kegiatan pendidikan agar berjalan lancar dan memberi pengaruh bagi terciptanya sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang kondusif
bagi kegiatan pembelajaran.

Semoga bermanfaat.
Referensi : Tulus,Tu‟u. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Grasindo 
Mengapa Disiplin Sangat Penting? Mengapa Disiplin Sangat Penting? Reviewed by abid abqory on 12:23:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.