Apa Sebenarnya Tujuan Dakwah?

wawasanpendidikan.com; secara sederhana, dapat diartikan bahwa dakwah adalah usaha untuk mengajak kepada seluruh umat manusia dengan menyampaikan ajaran Islam agar tercapai perubahan ke arah yang lebih baik, sehingga ahirnya dapat mencapai kebahagiaan di dunia maupun akhirat. Namun, lebih dari itu, ternyata ada tujuan dari dakwa itu sendiri. nah, kali ini sobat pendidikan akan mengupas secara tuntas tentang apa sih tujuan dari dakwah itu.?. untuk lebih jelas silahkan membaca artikel dibawah ini.

Dakwah yang pada dasarnya mengajak ke arah yang lebih baik tentunya mempunyai tujuan yang diharapkan. Tujuan ini dimaksudkan untuk pemberi arah atau pedoman bagi gerak langkah kegiatan dakwah. Dakwah yang tidak ada tujuan merupakan pekerjaan sia-sia yang akan menghamburkan pikiran, tenaga, dan biaya.

Tujuan dakwah dalam perspektif menejemen dakwah, terbagi atas dua bagian, yakni tujuan-tujuan dakwah secara herarkinya terbagi menjadi tujuan utama dan tujuan departemental.

Pertama, sebagai tujuan utama dakwah, yang dimaksud adalah nilai atau hasil akhir yang ingin dicapai atau diperoleh keseluruhan tindakan dakwah. Dalam hal ini yang menjadi tujuan utama dakwah adalah terwujudnya kebahagian di dunia dan di akhirat yang diridhai Allah AWT.

Memahami tujuan utama dakwah tersebut di mana tujuan tersebut dalam kehidupan manusia merupakan final tujuan hidup, maka dapatlah dikatakan bahwa pada dasarnya dakwah merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia untuk mengantarkan dirinya menuju pada kehidupan yang paripurna, yaitu kehidupan yang bahagia baik di dunia maupun di akhirat nanti. Disinilah letak kelanggengan dakwah bila manusia menyadari akan arti dan fungsi serta tujuan akhirat nanti.

Disinilah letak kelanggengan dakwah bila manusia menyadarinya, guna mencapai tujuan akhir tersebut. Sudah barang pasti segala aktivitas dakwah senantiasa harus terarah menuju pada tercapainya kehidupan yang Islami baik dalam individu maupn secara komunitas, dengan menjadikan Al Quran dan Hadits Nabi sebagai “ term of reference-nya”.

Kedua, tujuan departemental dakwah, tujuan departemental ini merupakan tujuan perantara untuk mencapai tujuan akhir. Yang dimaksud tujuan departemental dakwah adalah nilai-nilai atau hasil-hasil yang hendak dicapai dalam aktivitas dakwah pada bidang garapan dakwah dalam segala aspek kehidupan manusia.

Dari pemahaman terhadap pengertian di atas dapat dipahami bersama bahwa medan dakwah atau ruang gerak dakwah Islamiah adalah segala aspek kehidupan manusia dengan mengupayakan agar kehidupan manusia dalam segala aspeknya bersendikan nilai-nilai Islam. Maka pada tiang-tiang bidang kehidupan ditentukan tujuan departemental sebagai perantara pada tercapainya tujuan akhir. Penetapan tujuan departemental ini erat sekali kaitanya dengan upaya penyusunan strategi dakwah agar dakwah dapat berhasil secara efisien dan efektif.

Dalam satu rumusan yang sederhana, dapat dikatakan tujuan dakwah sebagai berikut :
  1. Bagi setiap pribadi muslim, dengan melakukan dakwah berarti bertujuan untuk melaksanakan salah satu kewajiban agamanya, yaitu Islam.
  2. Tujuan dari pada komunikasi dakwah ini, adalah terjadinya perubahan tingkah laku sikap atau perbuatan yang sesuai dengan risalah Al Quran dan Sunnah 
  3. Tujuan dakwah ialah ingin merubah situasi dan bukan sebaliknya, dari situasi jahiliyah ke situasi tauhid dari situasi tanpa moral ke situasi ahlakul karimah dan sekular serta serba materialistik  situasi Islam menuju ridho Allah semata 
Referensi

Tasmara, Toto, (1998). Komunikasi Dakwah, Jakarta: Gaya Media Pratama.
Natsir, M.  (1986). Fiqh Dakwah. Surakarta : Ramadhani.
Apa Sebenarnya Tujuan Dakwah? Apa Sebenarnya Tujuan Dakwah? Reviewed by abid abqory on 9:23:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.