Pengertian Media Pendidikan Menurut Ahli

wawasanpendidikan.com; Kata media berasal dari Bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari  kata medium  yang  secara harfiah berarti  perantara  atau  pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Sedangkan dalam kamus besar Bahasa  Indonesia,   media  adalah  alat  (sarana)   komunikasi. berbagai Jenis-Jenis Media Pembelajaran yang dibuat oleh guru semata-mata untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. dalam pemilihan Media Pembelajaran, terdapat Teknik Peminilikan Media yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik.  nah kali ini sobat pendidikan akan membahas tuntas tentang  Pengertian Media Pendidikan Menurut Ahli. semoga bermanfaat.

 Pengertian Media Pendidikan
Pengertian Media Pendidikan Menurut Ahli
  1. Menurut komisi  tentang  teknologi  Instruksional  dalam  laporannya  yang monumental  kepada Dewan Perwakilan  Rakyat  (congress)  A.S.  dalam Gene  L. Wilkinson,  mencatat  cara  yang berbeda  dalam mendefinisikan media, yaitu definisi   media pendidikan dikenal secara tradisional adalah media yang lahir dari revolusi komunikasi,  yang dapat digunakan untuk keperluan instruksional bersama-sama guru, buku teks dan papan tulis.
  2. Menurut Santoso S. Hamijaya, dalam Ahmad rohani menyebutkan media adalah semua bentuk perantara yang dipakai orang penyebar ide, sehingga  ide  atau  gagasan  itu  sampai  pada penerima.
  3. Menurut Ahmad Rohani media adalah segala sesuatu yang dapat diindera yang berfungsi sebagai perantara/sarana/alat untuk proses komunikasi (proses belajar mengajar).
  4. Menurut Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Association of Education and Communication Technology/AECT) di Amerika   membatasi   media  sebagai  segala  bentuk  dan saluran  yang digunakan  orang  untuk  menyalurkan  pesan  atau  informasi.6  
  5. Dan  agak berbeda  batasan  yang diberikan  oleh NEA (National  Education Association) berpendapat bahwa media adalah segala benda yang dimanipulasikan,   dilihat,   didengar,   dibaca   atau   dibicarakan   beserta instrumen yang digunakan untuk kegiatan tersebut.
  6. Menurut Wilbur Schram : “Information carrying technologies that can be used for instruction … the media of instruction, consequently are extensions of the reacher”.  Artinya: informasi-informasi yang berisi teknologi dapat digunakan untuk bahan pengajaran … media pengajaran dapat memperluas atau memperjelas pencapaian tujuan belajar. 
  7. Pada buku yang sama Leslie J. Briggs menjelaskan bahwa media pendidikan adalah “The physical means of conveying instructional content …. books, films, video tapes, slide-tapes,  etc”. Maksudnya adalah suatu alat yang dapat menyampaikan isi bahan pengajaran …. buku, film,video tape,slide tape, dan lain-lain.
  8. Sedangkan  menurut  Zakiah  Daradjat  media  pendidikan  adalah suatu   benda   yang   dapat   di   inderai,   khususnya    penglihatan    dan pendengaran (alat peraga pengajaran) baik yang terdapat di dalam maupun di luar kelas,  yang  digunakan  sebagai  alat bantu  penghubung  (medium komunikasi) dalam proses interaksi belajar mengajar untuk meningkatkan efektifitas hasil belajar siswa.
Berdasarkan   uraian   yang   panjang   dari  beberapa   ahli  tentang batasan media pendidikan,  dapat penulis simpulkan  ciri-ciri umum yang terkandung dalam pengertian media yaitu :
  • Media pendidikan memiliki pengertian alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun di luar kelas.
  • Media pendidikan digunakan dalam rangka komunikasi dan interaksi guru serta siswa dalam proses pembelajaran.
  • Media pendidikan memiliki pengertian fisik yang dikenal sebagai hardware (perangkat keras), yaitu suatu benda yang dapat dilihat, di dengar atau di raba dengan panca indera.
  • Media pendidikan memiliki pengertian non fisik yang dikenal sebagai software  (perangkat  lunak), yaitu kandungan  pesan yang terdapat  di dalam  perangkat  keras  yang  merupakan  isi yang  ingin disampaikan kepada siswa.
Sumber

Kamus Besar Bahasa Indonesia,Op.cit, hlm. 563.
Gene L. Wilkinson. (1984). Media dalam Pembelajaran, terj. Zulkarimein Nasution. Jakarta: Rajawali
Ahmad Rohani. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipt
Arief Sardiman dkk, Op.cit,
Raharjo. “Media   Pendidikan”   dalam   Yusuf   Hadimiarso,   Teknologi   Komunikasi
Pendidikan. Jakarta: Rajawali
Zakiah Daradjat. (1995). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara