Pengertian Media Pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran

Wawasan Pendidikan. Perkembangan proses belajar tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang semakin meningkat. akhirnya berkembang metode yang di kembangkan oleh guru guna proses pembelajaran yang lebih aktif dan kondusif. salah satunya yaitu dengan berkembangnya media pembelajaran. namun sebelum banyak membahas tentang media pembelajaran, maka sobat pendidikan mengawali artikelnya dengan pengertian media pembelajaran itu sendiri, untuk lebih jelas silahkan dibaca artikel dibawah ini.
 Media Pembelajaran

Media pembelajaran berasal dari dua kata yaitu media dan pembelajaran.

a. Pengertian Media
Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.

b. Pengertian Pembelajaran
Dalam UU RI No. 20 tahun 2003 pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar di suatu lingkungan belajar.

Sedangkan pengertian pembelajaran menurut beberapa tokoh yaitu: S. Nasution menyatakan bahwa pembelajaran sebagai proses interaksi yang berlangsung antara guru dan siswa atau juga sekelompok, siswa dengan tujuan untuk memperoleh, pengetahuan, keterampilan, atau sikap serta memantapkan apa yang dipelajari.

Menurut Hamzah B. Uno dalam buku Perencanaan Pembelajaran, yang dimaksud pembelajaran yaitu upaya untuk membelajarkan siswa. Sedangkan yang dimaksud belajar itu sendiri merupakan proses perubahan perilaku tetap dari belum tahu menjadi tahu, dari tidak paham menjadi paham,dari kurang terampil menjadi lebih terampil, dan dari kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru, serta bermanfaat bagi lingkungan maupun individu itu sendiri.

Menurut Charles E. Skinner, "Learning is a process of progressive behavior adaptation, (Belajar adalah proses perubahan kemajuan tingkah laku).
Menurut Howard L. Kingsleny, “Learning is the process by which behavior (in the broader sense) is originated or changed trough practice or training (Belajar adalah proses ketika tingkah laku (dalam arti luas) ditimbulkan atau diubah melalui praktik atau latihan). Belajar itu banyak macamnya, tergantung pada apa yang dipelajari: fakta untuk dihafal, konsep yang harus dipahami dan diaplikasikan, sikap, emosi, keterampilan intelektual dan sosial, memecahkan masalah dan sebagainya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud media pembelajaran yaitu alat atau sarana atau perantara yang digunakan dalam proses interaksi yang berlangsung antara guru dan siswa serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar mengajar dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan serta memantapkan apa yang dipelajari dan membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran.

demikianlah artikel tentang Pengertian Media Pembelajaran. Semoga bermanfaat

Sumber:

  • Charles E. Skinner. (1958).  Essentials of Educational Psychology. Japan: Prentice-Hall INC Englewood Cliff. N.J. 
  • Hamzah B. Uno. (2006).  Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 
  • S. Nasution. (2003).  Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti