Jenis-jenis Media Pembelajaran

Jenis-jenis Media Pembelajaran

Wawasan Pendidikan. Berbicara masalah media pembelajaran, sobat pendidikan telah menjelaskan pada postingan sebelumnya yaitu pengertian media pembelajaran. kali ini akan dilanjutkan tentang apa saja Jenis-jenis Media Pembelajaran. mungkin masih ada teman-teman yang belum mengetahuinya. sobat pendidikan akan berbagi artikel tentang itu, silahkan membaca artikel dibawah ini.


Pada dasarnya sekolah-sekolah itu didirikan untuk menyelenggarakan proses belajar mengajar bagi murid. Menurut Mukhtar bahwa media pembelajaran yang merupakan sarana dan prasarana untuk menunjang terlaksananya kegiatan pembelajaran serta penunjang pendidikan dan pelatihan tentunya perlu mendapat perhatian tersendiri. Keberadaannya tidak dapat diabaikan begitu saja dalam proses pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran.

Usaha membuat pengajaran lebih konkret dengan menggunakan media banyak dilakukan orang. Berbagai jenis media memiliki nilai kegunaan masing-masing. Untuk memahami berbagai jenis media, terlebih dahulu kita memahami penggolongan berbagai jenis media. Seperti halnya beragam cara mengajar atau memberikan kuliah, maka alat bantu mengajar juga beragam mengikuti perkembangan cara mengajar yang diberikan oleh para pengajar.

Menurut Syaiful Bahri Djamaroh dan S. Aswan Zain dalam bukunya Strategi Belajar Mengajar menyebutkan macam media yaitu:

a. Dilihat dari jenisnya, media dibagi ke dalam:

1) Media auditif adalah media yang hanya mengandalkan kemampuan suara, seperti: radio, cassette recorder, piringan hitam.
2) Media visual adalah media yang hanya mengandalkan indera penglihatan.
3) Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsure gambar.
a) Audio Visual Diam media yang dapat menampilkan suara dan gambar diam, seperti film bingkai suara (sound slides), film bingkai suara, cetak suara.
b) Audio visual gerak adalah media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak seperti film suara dan video cassette.

b. Dilihat dari daya liputnya, media oleh Syaiful Bahri,dkk. dalam buku Strategi Belajar Mengajar, dibedakan:

1) Media dengan daya liput yang luas dan serentak
2) Media dengan daya liput yang terbatas oleh ruang dan tempat.
3) Media untuk pengajaran individual

c. Dilihat dari bahan pembuatannya media dibagi dalam:

1) Media sederhana adalah media yang bahan dan alat pembuatannya mudah diperoleh dan harganya murah. Cara pembuatannya mudah dan penggunaannya tidak sulit.
2) Media kompleks adalah bahan dan alat pembuatannya sulit diperoleh serta magal harganya, dan penggunaannya pun memerlukan ketrampilan yang memadai.
Pengelompokan berbagai jenis media apabila dilihat dari segi perkembangan teknologi menurut Seels dan Glasgow dalam Azhar Arsyad di bagi dalam dua kategori luas yaitu pilihan media tradisional dan pilihan media teknologi mutakhir:
a. Pilihan Media tradisional
1) Visual diam yang diproyeksikan
2) Visual yang tak diproyeksikan
3) Audio
4) Penyajian Multimedia
5) Visual dinamis yang diproyeksikan
6) Cetak
7) Permainan
8) Realita

b. Pilihan Media Teknologi Mutakhir
1) Media berbasis telekomunikasi
2) Media berbasis mikroprosesor

Berbagai pendapat tentang jenis-jenis media pembelajaran di atas penulis dapat menggolongkan jenis media pembelajaran dalam empat golongan:
a. Media visual
b. Media audio
c. Media audio visual
d. Media gerak.

Sumber:
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran.

Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: CV. Misaka Galiza, 2003), Cet. II.

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta, PT. Rineka Cipta, 2006), Cet. III.