Manfaat Media Pembelajaran

Manfaat Media Pembelajaran

Wawasan Pendidikan. Pada postingan sebelunyatelah dijelaskan secara terperinci pengertian media pembelajaran, jenis-jenis media pembelajaran dan fungsi media pembelajaran. nah, kali ini sobat pendidikan akan melanjutkan pembahasan tentang manfaat media pembelajaran.


Media dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang hendak dicapai. Menurut Azhar Arsyad, dalam Media Pembelajaran beberapa manfaat praktis dari penggunaannya di dalam proses belajar mengajar sebagai berikut:

a. Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat meningkatkan proses dan hasil belajar.

b. Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

c. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu:
  • Objek atau benda yang terlalu besar untuk ditampilkan langsung di ruang kelas dapat diganti dengan gambar, foto, film atau model.
  • Objek atau benda yang terlalu kecil yang tidak tampak oleh indera dapat disajikan dengan bantuan mikroskop film atau gambar.
  • Objek atau proses yang amat rumit seperti perbedaan darah dapat ditampilkan secara konkret melalui gambar atau simulasi komputer.
  • Peristiwa alam seperti terjadinya letusan gunung berapi atau proses yang dalam kenyataan memakan waktu lama seperti proses kepompong menjadi kupu-kupu dapat disajikan dengan teknik-teknik rekaman seperti video.

d. Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masyarakat dan lingkungan misalnya melalui karya wisata.

Media merupakan salah satu faktor penting dalam proses belajar mengajar, karena menggunakan media pembelajaran, diharapkan proses belajar mengajar akan menjadi lebih baik dan pada akhirnya akan membantu mempertinggi hasil belajar dan pencapaian tujuan belajar yang telah ditentukan.


Sumber:
Azhar Arsyad, Media Pembelajara,( Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2006).