Perubahan Berpengaruh Besar dan Berpengaruh Kecil

Suatu perubahan dikatakan berpengaruh besar jika perubahan tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan pada struktur kemasyarakatan, hubungan kerja, sistem mata pencaharian, dan stratifikasi masyarakat. Sebagaimana tampak pada perubahan masyarakat agraris menjadi industrialisasi. Pada perubahan ini memberi pengaruh secara besar-besaran terhadap jumlah kepadatan penduduk di wilayah industri dan mengakibatkan adanya perubahan mata pencaharian.

Perubahan-perubahan berpengaruh kecil merupakan perubahan- perubahan yang terjadi pada struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat. Contoh, perubahan mode pakaian dan mode rambut. Perubahan-perubahan tersebut tidak membawa pengaruh yang besar dalam masyarakat karena tidak mengakibatkan perubahan-perubahan pada lembaga kemasyarakatan.

0 komentar:

Post a Comment

DILARANG MELAKUKAN AKTIVITAS COPY PASTE TANPA MENYERTAKAN SUMBER HALAMAN SITUS INI. JIKA DITEMUKAN COPY PASTE, MAKA KAMI AKAN MELAPORKANNYA KE DMCA GOOGLE.

JIKA ADA KONTEN YANG MENYINGGUNG ATAU DIBAWA HAK CIPTA ANDA, SILAHKAN DILAPORKAN KE ADMIN UNTUK DIHAPUS ATAU DIPERBAIKI.