Makalah Sosiologi tentang Pelaksanaan Hukum di Indonesia

wawasanpendidikan.com ; yah.. kali ini sobat pendidikan lagi-lagi berbagi makalah sosiolog. nanun tema pada makalah kali ini adalah bagaimana Pelaksanaan Hukum di Indonesia. untuk lebih jelas silahkan baca post dibawah ini.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam ilmu sosiologi, hukum merupakan salah satu bentuk norma. Norma hukum sendiri memiliki kekuatan yang kuat dikarenakan adanya lembaga pelaksana hukum yang sah dan dibentuk oleh pemerintah yaitu aparat penegak hukum (missal kepolisian). Hukum seperti halnya di Indonesia berasal atau bersumber dari sesuatu yang kuat seperti halnya hukum di Indonesia yang mengacu pada Undang-undang Dasar. Selain itu, sanksi yang diberikan dalam pelanggaran norma hukum juga tegas serta bersifat mengikat pelakunya. Oleh sebab itu, hukum merupakan norma tertinggi dalam masyarakat.Berbicara mengenai hukum, tentunya tidak akan lepas dari aparat penegak hukum yang menjalankan hukum itu sendiri. Karena sejatinya proses pelaksanaan hukum akan dijalankan oleh aparat penegak hukum. Dalam makalah ini, kita akan membahas mengenai pelaksanaan hukum. Bagaimana proses pelaksanaan hukum, termasuk pelaksanaan hukum di Indonesia juga menjadi bahan kajian dalam makalah ini.
Pelaksanaan hukum sendiri lebih menekankan pada bagaimana sebuah hukum yang dibuat dapat dijalankan atau diaplikasikan dalam masyarakat. Mengapa membicarakan bagaimana hukum dijalankan dalam masyarakat, karena memang sejatinya hukum dibuat untuk mengatur kehidupan manusia dalam bermasyarakat. Selain untuk mengatur kehidupan masyarakat, hukum juga dibuat sebagai pedoman bertingkah laku manusia agar menciptakan kehidupan yang aman dan tenteram. Hukum sendiri berlaku apabila terjadi pelanggaran terhadap hukum yang sudah ada. Hukum bersifat mengikat setiap anggota masyarakat. Ketika berumur 17/18 tahun, maka seseorang dianggap sudah sadar hukum sehingga hukum sudah mengikat individu tersebut. Dengan demikian, maka pelaksanaan hukum dapat dijalankan dengan baik pada anggota masyarakat.

B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana pelaksanaan hukum di Indonesia?
2. Bagaimana bentuk kejanggalan pelaksanaan hukum di Indonesia?
3. Apa contoh analisis study kasus pelaksanaan hukum di Indonesia?

C. Tujuan 
1. Mengetahui praktek pelaksanaan hukum di Indonesia.
2. Mencari tahu bentuk kejanggalan pelaksanaan hukum di Indonesia.
3. Mencari contoh analisis study kasus pelaksanaan hukum di Indonesia.

untuk Makalah lebih lengkap, silahkan download DISINI

silahkan juga membaca makalah sosiologi yang lain