Membangun Rasa Syukur Atas Kemerdekaan

wawasanpendidikan.com - sobat pendidikan artikel kali ini berisi materi mengenai Pokok Kaidah Fundamental Bangsa, di mulai dengan judul Membangun Rasa Syukur Atas Kemerdekaan. Selamat membaca ^^

Pukul 10.00 WIB pagi, hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 di depan Gedung Jalan Proklamasi 56 Jakarta, Proklamasi Kemerdekaan RI diumumkan kepada dunia “INDONESIA MERDEKA” dan Indonesia siap mempertahankan kemerdekaannya. Sampailah perjuangan bangsa mengantarkan Rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan menuju masyarakat adil dan makmur.


Proklamasi kemerdekaan telah mewujudkan negara Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Namun negara yang diproklamirkan tersebut bukan merupakan tujuan semata, melainkan hanyalah alat untuk mencapai cita-cita bangsa dan tujuan nasional, yaitu mencapai masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia mengandung arti lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, puncak perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia, titik tolak pelaksanaan Amanat Penderitaan Rakyat, serta lahirnya tata hukum Indonesia.

Oleh karena itu, sebagai warga negara, dalam rangka mewujudkan rasa syukur atas proklamasi kemerdekaan dapat dilakukan melalui beberapa hal sebagai berikut.
  • Mensyukuri nikmat kemerdekaan dengan jalan mengisi kemerdekaan sesuai dengan kemampuan, keahlian, dan keterampilan masing-masing.
  • Menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan pejuang bangsa dengan cara meneruskan amanat cita-cita perjuangan bangsa.
  • Memelihara dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan jalan meningkatkan sikap toleran dan kerja sama antarwarga masyarakat.
  • Menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa dengan cara rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara serta kesiapan dalam rangka bela negara.
  • Meningkatkan kemandirian bangsa, dengan jalan memperkuat sendi-sendi peri kehidupan bangsa di segala bidang “ipoleksosbudhankam”.
Untuk merdeka itu tidak mudah, tidak gampang, ditambah lagi mempertahankannya. Bersyukurlah kita berada pada zona waktu dimana tombak tidak perlu digunakan lagi untuk mempertahankan kemerdekaan ini. Sekian materi Membangun Rasa Syukur Atas Kemerdekaan. Somoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel