Pengertian Gaya Belajar Siswa Menurut Ahli

wawasanpendidikan.com; ternyata setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. tetapi sebelum jauh membahas tentang keberagaman gaya belajar yang di terapkan siswa, mungkin sobat pendidikan mengawalinya dengan definisi gaya belajar siswa menurut ahli. semoga bermanfaat,,,,

Gaya Belajar Siswa
Gaya Belajar Siswa
Pengertian Gaya Belajar

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia gaya adalah tingkah laku, gerak gerik dan sikap. Sedangkan belajar adalah menuntut ilmu.

Belajar dapat diartikan sebagai suatu proses aktif untuk menuju satu arah tertentu yang dapat meningkatkan perbuatan, kemampuan atau pengertian baru. Menurut rumusan Gathrie and Brown;….“learning is always a case of improving same perfornce or gaining same new ability or understanding”. Lebih lanjut Ernest R. Hilgard, merinci rumusan belajar sebagai berikut; ”learning is the process by which an activity originates or is changes through training procedures wheter in the laboratory or in the natural environment distinguished from changes by faktors not attributabel to training “.

Berdasarkan rumusan tersebut, dapat ditarik suatu pengertian bahwa belajar adalah sesuatu yang dapat meningkatkan perbuatan, kemampuan, atau pengertian baru. Belajar juga dapat diartikan suatu proses yang dapat menghasilkan suatu aktivitas baru melalui pelatihan di laboratorium maupun di lingkungan alam, yang hasil tersebut berbeda dengan hasil yang diperoleh tanpa adanya proses latihan. Tokoh-tokoh pendidikan lain yang memaknai belajar sebagai proses perubahan perilaku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman. Belajar adalah suatu proses latihan menuju perubahan yang akan menghasilkan sesuatu yang dapat diukur dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan, karena proses latihan tersebut telah melalui tahapan-tahapan sistematis yang telah dipersiapkan sebelumnya melalui uji coba secara ilmiah.

Perubahan dalam rumusan pengertian belajar tersebut dapat menyangkut semua aspek kepribadian individu, yang di dalamnya menyangkut penguasaan, pemahaman, sikap, nilai, motivasi, kebiasaan, minat, apresiasi dan sebagainya. Demikian juga dengan pengalaman; ini berkenaan dengan segala bentuk membaca, melihat, mendengar, merasakan, melakukan, menghayati, membayangkan, merencanakan, melaksanakan, menilai, mencoba, menganalisis, dan sebagainya.

Sementara itu, P. De Cecco William crow ford dalam bukunya The Psychology of Learning and Instruction mendefinisikan belajar adalah Learning is a relatively permanent change in a behavioral tendentcy and is the result of reinforced praktice,  Artinya “Belajar adalah perubahan yang relatif tetap dalam suatu kecenderungan tingkah laku sebagai hasil dari praktek penguatan”.

Ws. Wingkel mendefinisikan belajar adalah “Suatu aktivitas mental/psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan sikap perubahan itu bersifat secara relatif konstan dan berbekas”.

Sementara menurut Nasution yang dinamakan gaya belajar adalah cara yang konsisten yang dilakukan oleh seorang murid dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berfikir dan memecahkan soal.

Sedangkan menurut Adi W. Gunawan Pengertian gaya belajar adalah cara yang lebih kita sukai dalam melakukan kegiatan berfikir, memproses dan mengerti suatu informasi.

Hasil riset menunjukkan bahwa murid yang belajar dengan menggunakan gaya belajar yang dominan, saat mengerjakan tes, akan mencapai nilai yamg jauh lebih tinggi dibandingkan bila mereka belajar dengan cara yang tidak sejalan dengan gaya belajar mereka.

Para peneliti menemukan adanya berbagai macam gaya belajar pada siswa yang dapat digolongkan menurut kategori-kategori tertentu, dengan kesimpulan bahwa:
a) Tiap murid belajar menurut cara sendiri yang kita sebut dengan gaya belajar.
b) Kita dapat menemukan gaya belajar itu dengan instrumen tertentu
c) Kesesuaian gaya belajar mempertinggi efektivitas belajar.
Dengan demikian siswa yang mempunyai keragaman gaya belajar yang variatif dan untuk diharapkan akan dapat tercipta suasana belajar yang kondusif.

demikianlah pembahasan artikel tentang Pengertian Gaya Belajar Siswa Menurut Ahli. semoga bermanfaat
sumber

  • Adi Gunawan. (2004). Genius Lesrning Strategy Petunjuk Proses Mengajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Edwin Gathrie and Francis F. Brown. (1950). Educational Psychology. New York: Press Company.
  • Ernest R Hilgard. (1968).  Theories of Learning. New York: Appleton Century CroftsInc.
  • John P. De Cecco William Crow Ford. (2001). The Psychology of Learning and Instruction. India: Ofset Press.
  • Nasution. (2009).  Berbagai Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  • Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1996).
  • Ws. Wingkel, Psikologi Pengajaran, (Jakarta: PT. Grasindo, 2004).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel