Pengertian Belajar Menurut Ahli

wawasanpendidikan.com kali ini sobat pendidikan akan berbagi artikel tentang pengertian belajar. kata sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Belajar adalah merupakan suatu istilah kunci yang vital dalam usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar yang sesungguhnya maka tidak akan pernah ada pendidikan. Sebagian orang beranggapan bahwa belajar adalah semata-matanmengumpulkan atau menghafalkan fakta-fakta yang tersaji dalam bentuk informasi/materi pelajaran. Orang yang beranggapan demikian akan segera bangga ketika anak-anaknya telah mampu menyebutkan kembali secara lisan (verbal) sebagian besar informasi yang terdapat dalam buku teks atau yang diajarkan oleh guru.

Di samping itu, ada pula sebagian orang yang memandang belajar sebagai latihan belaka seperti yang tampak pada latihan membaca dan menulis. Berdasarkan persepsi semacam ini, bisanya mereka akan merasa cukup puas bila anak-anak mereka telah mampu memperlihatkan keterampilan jasmaniah tertentu walaupun tanpa pengetahuan mengenai arti, hakikat, dan tujuan keterampilan tersebut. berikut pengertian Belajar yang dikemukakan oleh beberapa ahli antara lain:

Pengertian Belajar Menurut Ahli
Pengertian Belajar Menurut Ahli
  1. Pengertian belajar menurut Nana Sudjana, belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil proses belajar dapat ditunjukan dalam berbagai bentuk seperti pengetahuannya, pemahamanya, sikap dan tingkah lakunya, keterampilanya, kecakapan dan kemampuanya, daya reaksinya, daya penerimaannya dan lain-lain sebagai aspek yang terdapat dalam individu. Nana Sudjana (2008)
  2. Pengertian belajar menurut Burton, belajar adalah suatu perubahan dalam diri individu sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya, untuk memenuhi kebutuhan dan menjadikannya lebih mampu melestarikan lingkungan secara memadai. “learning is a change in the individual due to interaction of that individual and his environment, which fills a need and makes him more capable of dealing adequality with his environment”. Mutadi. (2007)
  3. Pengertian belajar menurut Tom Hutchinson dan Alan Waters, belajar adalah proses mekanik yang berbentuk kebiasaan dan proses yang bermaksud untuk menguatkan jawaban rangsangan yang secara teratur. “learning is a mechanical process of habit formation and proceeds by means of the frequent reinforcement of a stimulusresponse sequence". Tom Hutchinson and Alan Waters (2002)
  4. Pengertian belajar menurut Psikologis, belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.(slameto, 2010)
  5. Pengertian belajar menurut Shaleh Abdul Aziz dan Abdul Aziz Majid, Belajar adalah perubahan di dalam diri (jiwa) peserta didik yang dihasilkan dari pengalaman terdahulu sehingga menimbulkan perubahan yang baru. (Shaleh Abdul Aziz dan Abdul Aziz Majid, Juz 1)
  6. Pengertian belajar menurut H.C. Witherington, dalam buku Educational Psychology, mengemukakan bahwa belajar adalah suatu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari reaksi berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepribadian atau suatu pengertian. (Aunurrahman, 2019) 
  7. Pengertian belajar menurut Cronbach, "learning is shown by change in behavior as a result of experience". Artinya Belajar adalah sebagai suatu aktivitas yang ditunjukan oleh perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.
  8. Pengertian belajar menurut James O. Whittker, belajar adalah sebagai proses di mana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.
  9. Pengertian belajar menurut Howard L. Kingskey, "learning is the process by which behavior (in the broader sense) is originated or changed through practice or training. Artinya Belajar adalah proses di mana tingkah laku (dalam arti luas) ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan. (Syaeful Bahri Djamarah,2008)
  10. Pengertian belajar menurut Oemar Hamalik mendefinisikan belajar dalam bukunya: learning is defined as the modification or strangtbehing of behavior thourgh experiencing. Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman. (Oemar Hamalik, 2003)
semoga bermanfaat.



Sumber:
  • Nana Sudjana (2008). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
  • Mutadi. (2007). Pendekatan Efektif dalam Pembelajaran Matematika. Semarang: Balai Diklat Keagamaan Semarang.
  • Tom Hutchinson and Alan Waters (2002) English for Specific Purposes: A Learning- Centred Approach. England : Cambridge University Press.
  • Slameto. (2010). Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhi.Jakarta: Rineka Cipta
  • Shaleh Abdul Aziz dan Abdul Aziz Majid, At-tarbiyah wa Thuruqut Tadris, Juz I, (Mesir: Darul Ma’arif, t.th)
  • Aunurrahman. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  • yaeful Bahri Djamarah. (2008) Psikologi Belajar Edisi II. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Oemar Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.