Bagaimana Seharusnya Peran Guru?

wawasanpendidikan.com; pada paparan sebelumnya telah dijelaskan secara tuntas Pengertian Guru menurut Ahli. kali ini sobat pendidikan akan membahas tentang Apa Peran Guru baik disekolah maupun di lingkungan masyarakat. hal ini perlu diketahui mengingat guru adalah citra pendidikan. 

Bagaimana Seharusnya Peran Guru?
Guru mengawasi pelaksanaan ujian
Secara terminologi peran guru mempunyai pengertian terciptanya serangkaian tingkah laku yang saling berkaitan yang dilakukan dalam situasi tertentu serta berhubungan dengan kemajuan perubahan tingkah laku dan perkembangan siswa yang menjadi tujuan.  Dengan kata lain peran guru dapat dikatakan tugas yang harus dilaksanakan oleh guru dalam mengajar siswa untuk kemajuan yaitu perubahan tingkah laku dan perkembangan siswa.  

Guru memegang peranan penting dalam pendidikan, menjadi seorang guru harus mempunyai kemampuan dan kompetensi yang memadai. Hal ini bertujuan agar hasil belajar siswa sesuai dengan apa yang diharapkan. Program kelas tidak akan berarti bila mana tidak diwujudkan menjadi kegiatan. Untuk itu peranan guru sangat menentukan karena kedudukan sebagai pemimpin pendidikan di antara murid-murid dan suatu kelas. Secara etimologis atau dalam arti sempit guru yang berkewajiban mewujudkan program kelas adalah orang yang kerjanya mengajar atau memberikan pelajaran di sekolah atau di kelas. Secara lebih luas guru berarti orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang ikut bertanggung jawab dalam membantu anak-anak mencapai kedewasaan masing-masing.

Ini berarti peran guru bukan sekedar orang yang berdiri di depan untuk menyampaikan materi pengetahuan tertentu, akan tetapi adalah anggota masyarakat yang harus ikut aktif dan berjiwa bebas serta kreatif dalam mengarahkan anak didiknya untuk menjadi anggota masyarakat sebagai orang dewasa. 

Semoga informasi seputar peran guru dapat menambah wawasan pendidikan kita dan dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Daftar Pustaka

Usman. Muh Uzer. (2001).  Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya