Pengertian Guru Menurut Ahli

wawasanpendidikan.com. dalam dunia pendidikan guru adalah kata yang pling populer. bahkan beberap berpandangan mengatakan bahwa yang mencetak polisi, tentara, hakim, menteri hingga presiden adalah guru. hal inilah mungkin yang mendasari munculnya kalimat "Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa". oke, tidak perlu berlama-lama, kali ini sobat pendidikan akan membahas tentang pengertian guru menurut beberapa sumber. semoga bermanfaat.

Pengertian Guru Menurut Ahli
Guru sedang memberikan pengarahan kepada salah seorang murid

Pengertian Guru Menurut Ahli
  1. Menurut kamus besar bahasa Indonesia : Guru adalah orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar.
  2. Secara etimologi:  “Guru berarti orang yang pekerjaannya mengajar”.
  3. Menurut Ahli bahasa belanda J.E.C. Gericke dan T. Roorda : bahwa kata Guru berasal dari bahasa sansekerta, yang artinya berat, besar, penting,baik sekali, terhormat dan berarti juga pengajar. Dengan demikian Guru adalah orang yang dalam tutur kata, gerak gerik, dan perbuatannya bisa dianut dan dicontoh oleh masyarakat umum. 
  4. Menurut Hadari Nawawi “guru adalah orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang ikut bertanggung jawab serta membantu anak-anak dalam mencapai kedewasaan masing-masing. 
  5. Menurut Prof. Dr. zakiah Darajat: “guru adalah orang yang pekerjaannya tidak semata-mata mengajar melainkan juga harus mengajarkan berbagai hal yang bersangkutan dengan pendidikan murid.

Daftar Pustaka
  • Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  • Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka 
  • W.J.S. Purwodarmanto. (1982). Kamus Umum dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Purnama 
  • Hadi Supenao. (1995). Potret Guru. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan 
  • Hadari Nawawi. (1995) Organisasi dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta : Gunung Agung