Konsep Dasar Komunikasi : Pengertian dan Komponen Komunikasi

wawasanpendidikan.com; Kehidupan manusia tidak lepas dari komunikasi, baik dengan diri sendiri, antarpribadi, maupun dengan banyak orang. Komunikasi merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi manusia untuk menyampakan pesan dan menerima pesan. Kali ini sobat pendidikan akan membahas tentang Konsep Dasar Komunikasi : Pengertian dan Komponen komunikasi.
Pengertian, Komunikasi, komponen komunikasi
Pengertian Komunikasi
    Istilah komunikasi berasal dari bahasa Yunani commune (percakapan atau pergaulan) dan communion (bersama). Menurut KBBI istilah komunikasi mengacu pada suatu upaya yang bertujuan untuk mencapai kebersamaan.
       Berikut beberapa defenisi komunikasi yang dikemukakan orang dan para ahli untuk memberikan batasan arti komunikasi. Pada dasarnya defenisi komunikasi harus dilihat dari kemanfaatannya untuk menjelaskan permasalahan yang di defenisikan.
  1. Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia (ensiklopedia bebas), komunikasi adalah penyampaian informasi (pesan, ide, dan gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling memengaruhi diantara keduanya.
  2. Defenisi komunikasi menurut beberapa ahli antara lain :
    • Hovland, anis, dan Kelley (Forsdale, 1981), “communication is the process by which an individual transmits stimully (usually verbal) to modify the behavior of the individuals”, arti komunikasi adalah proses individu mengirim stimulus yang biasanya dalam bentuk verbal untuk mengubah tingkah laku orang lain.
    • Louis Forsdale (1981), ahli komunikasi dan pendidikan, “communication is the process by which a system is established, maintened, altered by means of shared signals that operate according to rules”, arti komunikasi adalah suatu proses memberikan sinyal menurut aturan tertentu sehingga dengan cara ini system dapat didirikan, dipelihara, dan diubah.
    • Menurut Brent D. Ruben (1988), komunikasi manusia adalah suatu proses melalui mana individu dalam hubungannya, dalam kelompok, dalam organisasi, serta dalam masyarakat menciptakan dan mengirimkan maupun menggunakan informasi untuk mengkoordinasi lingkungannya dan orang lain. Pengertian organisasi tersebut tidak hanya bersifat fakta tapi juga fiksi, humor, atau bujukan. Berdasarkan defenisi tersebut terlihat bahwa tujuan komunikasi adalah memengaruhi tingkah laku orang lain.
    • Menurut William J. Seller (1988), Komunikasi adalah proses yang mana symbol verbal dan nonverbal dikirimkan dan diterima serta diberi arti.
Komponen komunikasi
        Pada dasarnya komponen komunikasi ada lima, yaitu sbb:
1. Pengirim pesan adalah individu atau orang yang mengirim pesan.
2. Pesan adalah informasi yang akan disampaikan oleh pengirim.
3. Saluran adalah cara yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Antara lain:
  • Channel merupakan gelombang suara dan cahaya diudara yang berfungsi sebagai saluran. Contohnya, apabila dua orang berbicara tatap muka, gelombang suara dan cahaya diudara berfungsi sebagai saluran atau apabila pembicaraan itu melalui surat, gelombang cahaya sebagai saluran yang memungkinkan kita melihat huruf pada surat tersebut.
  • Buku, surat kabar, film, dan televisi merupakan alat untuk menyampaikan pesan, tetapi saluran pokoknya tetap gelombang suara dan cahaya.
  • Alat indra, seperti indra penciuman, indra perasa, dan indra peraba.
4. Penerima pesan adalah orang yang menerima pesan, menganalisis, serta enginterpretasikan isi pesan yang diterima.
5. Umpan balik (feedback) adalah respons terhadap pesan yang diterima dari pengirim pesan. Umpan balik ini membantu memberikan kejelasan kepada pengirim bahwa pesan yang dikirim dapat diterima oleh penerima atau sebaliknya.

Sunber : Irma Sari M. 2010. Berkomunikasi. PT Intan Sejati Klaten : Yogyakarta