Pengertian Sumber Belajar Menurut Ahli

wawasanpendidikan.com; Belajar  Mengajar  sebagai  suatu  proses  merupakan  suatu  sistem yang tidak terlepas dari komponen-komponen  lain. Salah satu komponen yang  dapat  diambil  sebuah  nilai darinya    adalah  sumber  belajar. Kata sumber berarti suatu sistem atau perangkat materi yang sengaja diciptakan atau  disiapkan  dengan maksud  memungkinkan  (memberi  kesempatan) siswa   belajar (Oemar Hamalik, 1994).   Sedangkan,   belajar   pada  hakekatnya adalah   proses perubahan tingkah laku ke arah yang lebih sempurna sesuai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelumnya (Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 1989).
 Pengertian Sumber Belajar Menurut Ahli
 Pengertian Sumber Belajar Menurut Ahli
Sebelum  ditarik sebuah  definisi  akhir tentang  pengertian  sumber belajar, ada baiknya dipelajari beberapa pengertian yang telah dirumuskan oleh para ahli pendidikan. Di antara pengertian yang dirumuskan oleh para ahli itu disajikan di bawah ini:
  1. Cece  Wijaya  dan  A.Thabrani  Rusyah,  berpendapat  bahwa  sumber belajar  adalah lingkungan yang  dapat  dimanfaatkan   oleh  sekolah sebagai   sumber   pengetahuan,   dapat   berupa manusia atau   bukan manusia (Cece Wijaya dan A. Thabrani Rusyah, 1994)
  2. Ahmad Rohani dan Abu Ahmadi menguraikan bahwa sumber belajar adalah segala daya yang dapat dipergunakan untuk kepentingan proses atau aktifitas pengajaran baik secara langsung maupun tidak langsung diluar  dari  peserta  didik  (lingkungan)  yang  melengkapi  diri  mereka pada saat pengajaran berlangsung (Ahmad Rohani dan Abu Ahmadi,1991).
  3. Nana  Sudjana   dan  Ahmad  Rivai  menjelaskan   bahwa sumber belajar adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar baik secara langsung maupun tidak langsung sebagian atau secara keseluruhan (Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 1989).
  4. Fred Percival dan Henry Ellington memberi pengertian bahwa sumber belajar (Resources Learning) adalah satu set bahan atau situasi belajar yang sengaja diciptakan agar siswa secara individual dapat belajar (Fred Percival dan Henry Ellington, 1988)
  5. Fatah Syukur NC, menjelaskan  bahwa sumber  belajar  adalah segala apa  (daya,  lingkungan dan pengalaman)  yang  dapat  digunakan  dan dapat  mendukung  proses  pengajaran  secara lebih efektif  dan efisien serta dapat  memudahkan  pencapaian  terjadi pengajaran  atau belajar, tersedia langsung atau tidak langsung baik konkrit atau abstrak (Fatah Syukur NC, 2005)
  6. AECT (Association  For Education  Communication  and Technology) menyatakan sumber belajar adalah semua sumber (yang meliputi orang dan  barang)  yang  mungkin  digunakan  oleh si belajar  baik  secara sendiri sendiri maupun dalam bentuk gabungan, biasanya dalam situasi informal untuk memberikan kemudahan belajar (Yusuf  Hadi  Miarso, 1986)
 Pengertian Sumber Belajar Menurut Ahli
 Pengertian Sumber Belajar 
Pengertian  pengertian  mengenai  sumber  belajar  di  atas menunjukan   beragamnya   pendapat   para ahli pendidikan,   perbedaan tersebut   muncul  dikarenakan   wawasan   dan  orientasi   para  ahli  yang berlainan.Tetapi yang paling penting yang dapat dipetik dari penampilan berbagai  pengertian  di  atas adalah bahwa  hal  itu  telah  memberikan pengertian yang cukup tentang sumber belajar. Sehingga paling tidak dari beberapa  pengertian  di  atas  dapat  ditarik  kesimpulan  bahwa  sumber belajar adalah   segala sumber baik itu berupa daya, lingkungan   maupun pengalaman yang digunakan dan sebagai pendukung dalam proses belajar mengajar agar berjalan lebih efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Demikianlah Pemaparan tentang Pengertian Sumber Belajar Menurut Ahli. Semoga bermanfaat.

Sumber:
  • Oemar Hamalik. (1994). Media Pendidikan. Bandung:Citra Aditya Bakri N
  • Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (1989). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
  • Cece Wijaya dan A. Thabrani Rusyah. (1994).  Kemampuan Dasar Guru dalam proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya 
  • Ahmad Rohani dan Abu Ahmadi. (1991). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  • Fred Percival dan Henry Ellington. (1988). Teknologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga
  • Fatah Syukur NC. (2005). Teknologi Pendidikan. Semarang: RaSAIL
  • Yusuf  Hadi  Miarso. (1986).  Definisi  Teknologi  Pendidikan. (Satuan  tugas  definisi  dan Terminologi AECT). Jakarta: Rajawali .