Fungsi Motivasi Dalam Belajar

wawasanpendidikan.com; pada postingan sebelumnya telah dibahas tentang Macam-Macam Teori Motivasi Menurut Ahli. Kali ini sobat pendidikan akan membahas tentang Fungsi Motivasi dalam Belajar. Semoga bermanfaat. 

 Fungsi Motivasi Dalam Belajar
 Fungsi Motivasi

 Fungsi Motivasi Dalam Belajar

Serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh semua orang sebenarnya di latar belakangi oleh sesuatu atau yang secara umum dinamakan motivasi. Motivasi inilah yang mendorong mengapa mereka melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan.  Begitu juga Belajar sangat diperlukan adanya motivasi. “Motivation is an essential condition of learning”. Hasil Belajar akan menjadi optimal, kalau ada motivasi. Makin tepat motivasi yang diberikan, akan makin berhasil pula pelajaran itu. Jadi motivasi akan senantiasa menentukan intensitas usaha belajar bagi para belajar. Sehubungan dengan hal itu ada tiga fungsi motivasi:

1) Mendorong Manusia untuk Berbuat, jadi sebagai penggerak atau  motor yang melepaskan energi. Motivasi dalam hal ini merupakan motor penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan. 

2) Menentukan Arah Perbuatan, yakni ke arah tujuan yang hendak dicapai. Dengan demikian motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuan. 

3) Menyeleksi Perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut. 

Di samping itu, ada juga Fungsi-Fungsi Motivasi yang lain. Motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik. Dengan kata lain bahwa dengan adanya usaha yang tekun dan terutama didasari adanya motivasi, maka seseorang yang belajar itu akan dapat melahirkan prestasi yang baik. Intensitas motivasi seseorang siswa akan sangat menentukan tingkat pencapaian prestasi belajarnya. (Sardiman, A.M, 2001).

demikianlah pemaparan tentang  Fungsi Motivasi Dalam Belajar. semoga bermanfaat.

sumber:
Sardiman, A.M. (2001). Interkasi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Cet. IX, Jakarta: Raja grafindo Persada.