Teori Belajar

wawasanpendidikan.com; kali ini sobat pendidikan akan membahas tentang teori Belajar. teori Belajar yang sangat terkenal ada dua yaitu teori belajar thorndike dan teori belajar vygotsky. adapun penjelasan rinci tentang kedua teori belajar tersebut sebagai berikut:

Teori Belajar
Teori Belajar


  • Teori Belajar Thorndike

Teori Thorndike disebut teori penyerapan, yaitu teori yang memandang peserta didik selembar kertas putih, penerima pengetahuan yang siap menerima pengetahuan secara pasif. Pandangan belajar seperti ini mempunyai dampak terhadap pandangan mengajar. Mengajar dipandang sebagai perencanaan dari urutan bahan pelajaran yang disusun secara cermat, mengkomunasikan bahan kepada peserta didik, dan membawa mereka untuk praktik menggunakan konsep atau prosedut baru.
Konsep dan prosedur baru itu akan semakin mantap jika makin banyak latiha. Pada prinsipnya teori ini menekankan banyak memberi praktik dan latihan kepada peserta didik agar konsep dan prosedur dapat mereka kuasai dengan baik.

  • Teori Belajar Vygotsky

Teori Vygotsky berusaha mengembalikan model konstruktivistik belajar mandiri dari Piaget menjadi belajar kelompok. Melalui teori ini peserta didik dapat memperoleh pengetahuan melalui kegiatan yang beranekaragam dengan guru sebagai fasilitator. Dengan kegiatan yang beragam, peserta didik akan membangun pengetahuannya sendiri melalui diskusi, tanya jawab, kerja kelompok, pengamatan, pencatatan, pengerjaan, dan presentasi. 



sumber: 
Gatot Muhsetyo, dkk.(2008) Teori-teori Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka