Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Snowball Throwing

wawasanpendidikan.com; kali ini sobat pendidikan akan berbagi artikel tentang Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Snowball Throwing. semoga bermanfaat
Snowball Throwing
1) Pengertian Model Pembelajaran Snowball Throwing
Model snowball throwing (melempar bola) merupakan jenis pembelajaaran kooperatif yang didesain seperti permainan melempar bola. Metode ini bertujuan untuk memancing kreatifitas dalam membuat soal sekaligus menguji daya serap materi yang disampaikan oleh ketua kelompok. Karena berupa permainan, Siswa harus dikondisikan dalam keadaan santai tetapi tetap terkendali tidak ribut, kisruh atau berbuat onar.

2) Langkah-langkah Model Pembelajaran Snowball Throwing
a) Guru menyampaikan materi yang akan disajikan. Guru membentuk kelompok – kelompok dan memnggil masing – masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi.
b) Masing – masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing – masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
c) Kemudian masing – masing siswa diberikan satu lembar kerja untuk menuliskan pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok.
d) Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain selama kurang lebih 5 menit.
e) Setelah siswa mendapat satu bola / satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian.
f) Evaluasi
g) Penutup.

3) Ciri – ciri
a) Komunikatif.
b) Sistem belajar dua arah ( guru dan siswa sama – sama berperan aktif)
c) Menyenangkan

4) Kelebihan
a) Melatih kesiapan siswa
b) Saling memberikan pengetahuan
c) Terciptanya suasana belajar yang komunikatif.

demikianlah pemaparan sobat pendidikan tentang Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Snowball Throwing. Semoga bermanfaat

sumber:
Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning – Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasan Fauzi Maufur. (2009). Sejuta Jurus Mengajar dan Mengasyikan. Semarang: PT. Sindua Press.