Pengertian, Langkah-Langkah dan Kelebihan serta Kelemahan Metode Gallery Walk

wawasanpendidikan.com; pada postingan sebelumnya telah dijelaskan tentang pengertian pembelajaran. mungkin teman-teman juga sudah mengetahui pengertian dasar dari pembelajaran. kali ini sobat pendidikan akan berbagi tentang salah satu dari sekian banyak jenis-jenis metode pembelajaran. 

ada banyak metode pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Semua metode ditentukan oleh guru sesiau dengan kreativitas guru masing-masing. pada postingan sebelumnya ada metode pembelajaran cooperative learning make a match.

kali ini sobat pendidikan akan mengupas tuntas tentang Metode Gallery Walk. diawali dari pengertian Galleri Walk itu sendiri seperti apa, langkah-langkah pembelajarannya seperti apa hingga kelebihan dan kelemahan metode gallery walk jika di terapkan didalam kelas. untuk lebih jelas, silahkan baca artikel dibawah ini,

pengertian Metode Gallery Walk
Metode Gallery Walk

A.        Pengertin Metode Gallery walk
Gallery Walk terdiri dari dua kata yaitu Gallery dan Walk. Gallery adalah pameran. Pameran merupakan kegiatan untuk memperkenalkan produk, karya atau gagasankepada khalayak ramai. Sedangkan Walk artinya berjalan, melangkah. Menurut Silberman (2006 : 274)(ismail:2008), Gallery walk ( Pameran berjalan ) merupakan suatu cara untuk menilai dan mengingat apa yang telah siswa pelajari selama ini. Berdasarkan uraian tersebut, Gallery Walk ( Pameran berjalan ) merupakan suatu metode pembelajaran yang mampu mengakibatkan daya emosional siswa untuk menemukan pengetahuan baru dan dapat mempermudah daya ingat jika sesuatu yang ditemukan itu dilihat secara langsung. Gallery Walk ( Pameran berjalan ) juga dapat memotivasi keaktivan siswa dalam proses belajar sebab bila sesuatu yang baru ditemukan berbeda antara satu dengan yang lainnya maka dapat saling mengkoreksi antara sesama siswa baik kelompok maupun antar siswa itu sendiri.

Dengan menggunakan Gallery walk ( Pameran berjalan ) dapat mengatasi kendala-kendala pembelajaran seperti materi pelajaran diserap oleh siswa secara tidak maksimal sehingga hasil belajar siswapun belum maksimal, karena metode ini dapat mengefisienkan waktu pelajaran dan siswa dapat lebih mudah memahami pelajaran karena strategi ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat suatu karya dan melihat langsung kekurangpahamannya dengan materi tersebut dengan melihat hasil karya teman yang lainnya dan dapat saling mengisi kekurangannya itu.

Metode Gallery Walk ( Pameran berjalan ) adalah metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk membuat suatu daftar baik berupa gambar maupun skema sesuai hal- hal apa yang ditemukan atau diperoleh pada saat diskusi di setiap kelompok untuk dipajang di depan kelas. Setiap kelompok menilai hasil karya kelompok lain yang digalerikan, kemudian dipertanyakan pada saat diskusi kelompok dan ditanggapi. Penggalerian hasil kerja dilakukan pada saat siswa telah mengerjakan tugasnya. Setelah semua kelompok melaksanakan tugasnya, guru memberi kesimpulan dan klarifikasi sekiranya ada yang perlu diluruskan dari pemahaman siswa.
Dengan demikian mereka dapat belajar dengan lebih menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan bisa tercapai.

B.         Langkah-langkah Metode Gallery walk
  • Membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan dua hingga empat orang
  • Memberikan kertas karton/plano kepada setiap kelompok
  • Menentukan topik atau tema pelajaran
  • Memerintahkan tiap kelompok untuk mendiskusikan apa yang didapatkan oleh para anggotanya dari pelajaran yang mereka ikuti
  • Memerintahkan mereka untuk membuat sebuah daftar pada kertas yang telah diberikan yang berisi hasil pembelajaran dan memerintahkan juga untuk memberi judul atau menamai daftar tersebut
  • Memerintahkan setiap kelompok untuk menempel hasil kerjanya di dinding
  • Memerintahkan mereka untuk berputar mengamati hasil kerja kelompok lain
  • Meminta salah satu wakil kelompok menjelaskan setiap apa yang ditanyakan oleh kelompok lain
  •  Meminta siswa bersama-sama untuk mengoreksi hasil kerja kelompok lain
  • Memberikan klarifikasi dan penyimpulan
C.        Kelebihan Metode Gallery Walk (Pameran Berjalan)
  • Siswa terbiasa membangun budaya kerjasama memecahkan masalah dalam belajar.
  • Terjadi sinergi saling menguatkan pemahaman terhadap tujuan pembelajaran
  • Membiasakan siswa bersikap menghargai dan mengapresiasi hasil belajar kawannya.
  • Mengaktifkan fisik dan mental siswa selama proses belajar
  • Membiasakan siswa memberi dan menerima kritik.
  • Siswa tidak terlalu menggantungkan pada guru, akan tetapi dapat membantu menambah kepercayaan kemampuan berpikir sendiri, menemukan informasi dari berbagai sumber, dan belajar dari siswa yang lain.
D.        Kelemahan Metode Gallery Walk (Pameran Berjalan)
  • Bila anggota kelompok terlalu banyak akan terjadi sebagian siswa menggantungkan kerja kawannya
  • Guru perlu ekstra cermat dalam memantau dan menilai keaktifan individu dan kolektif
  • Pengaturan setting kelas yang lebih rumit.
  • Dalam upaya mengembangkan kesadaran berkelompok memerlukan periode waktu yang cukup panjang
  • Jika tanpa peer teaching yang efektif dari guru, maka bisa terjadi apa yang seharusnya dipelajari dan dipahami tidak pernah dicapai oleh siswa.
demikianlah pembahasan artikel tentang Pengertian, Langkah-Langkah dan Kelebihan serta Kelemahan Metode Gallery Walk. semoga bermanfaat

sumber:
Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Paikem, ( Semarang: Rasail Media Group,2008).
Martinis Yamin, Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta: GP Press,2007).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta : Kencana, 2008).