Jenis-Jenis Model Pembelajaran

Jenis-Jenis Model Pembelajaranwawasanpendidikan.com,-terkadang siswa merasa jenuh dengan cara guru mengajar di kelas. hal itu disebabkan karena guru monoton menggunakan 1 model pembelajaran selama mengajar di kelas. nah untuk para sobat pendidikan khususnya guru, tidak perlu risau lagi karena saya akan berbagi informasi tentang jenis-jenis model pembelajaran yang mungkin bisa menjadi rujukan guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. semoga bermanfaat.

Jenis-jenis Model Pembelajaran
Sugiyanto (2008) mengemukakan bahwa ada banyak model pembelajaran yang dikembangkan oleh para ahli dalam usaha mengoptimalkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran tersebut antara lain terdiri dari:

1.    Model Pembelajaran Kontekstual
Model pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Pembelajaran ini juga mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Pengetahuan dan keterampilan siswa diperoleh dari usaha siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan baru ketika siswa belajar.

2.    Model Pembelajaran Kooperatif
Model pembelajaran kooperatif merupakan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar.

3.    Model Pembelajaran Kuantum
Model pembelajaran kuantum merupakan  rakitan dari berbagai teori atau pandangan psikologi kognitif dan pemrograman neurologi yang jauh sebelumnya sudah ada.

4.    Model Pembelajaran Terpadu
Model pembelajaran terpadu merupakan pembelajaran yang memungkinkan siswa baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik. Pembelajaran ini merupakan model yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasan.

5.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning – PBL)

Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning – PBL) merupakan pembelajaran yang mengambil psikologi kognitif sebagai dukungan teoritisnya. Fokusnya tidak banyak pada apa yang sedang dikerjakan siswa tetapi pada apa yang siswa pikirkan selama mereka mengerjakannya. Guru memfungsikan diri sebagai pembimbing dan fasilitator sehingga siswa dapat belajar untuk berfikir dan menyelesaikan masalahnya sendiri.

Semoga bermanfaat. ditunggu kunjungan selanjutnya

sumber : www.pendidikanekonomi.com

0 komentar:

Post a Comment

DILARANG MELAKUKAN AKTIVITAS COPY PASTE TANPA MENYERTAKAN SUMBER HALAMAN SITUS INI. JIKA DITEMUKAN COPY PASTE, MAKA KAMI AKAN MELAPORKANNYA KE DMCA GOOGLE.

JIKA ADA KONTEN YANG MENYINGGUNG ATAU DIBAWA HAK CIPTA ANDA, SILAHKAN DILAPORKAN KE ADMIN UNTUK DIHAPUS ATAU DIPERBAIKI.