Dimensi-Dimensi Hakekat Manusia

Dimensi-Dimensi Hakekat Manusia

Wawasan Pendidikan. pada postingan sebelumnya sobat pendidikan berbagi artikel tentang Hakekat Manusia serta Sifat dan Wujud Hakekat Manusia. kali ini sobat pendidikan melanjutkan post tentang Dimensi-Dimensi Hakekat Manusia. semoga bermanfaat.

Dinensi-Dimensi Hakekat Manusia
Dinensi-Dimensi Hakekat Manusia

1.  Dimensi Keindividuan
Manusia adalah mahluk monodualis ciptaan Tuhan yang dikaruniai status sebagai Khalifah Allah di atas bumi.
Bayi dianugerahi keadaan jasmani yang lemah tetapi memiliki potensi-potensi jasmaniah berupa konstruksi tubuh lengkap serta rokhaniah berupa daya cipta, rasa, karsa, intuisi, bakat.
Faktor-faktor potensi bawaan inilah yang membedakan manusia yang satu dengan yang lainya yg bersifat unik yang dapat berkembang dengan adanya pengaruh lingkungan.

2. Dimensi Kesosialan
Manusia disamping mahluk mono-dualis sekaligus mahluk mono-pluralis. Manusia dilahirkan sebagai suku bangsa tertentu dengan adat kebudayaan tertentu pula. Sebagai anggota suatu masyarakat, seseorang berkewajiban untuk berperan dan menyesuaikan diri serta bekerja sama dengan masyarakat. Manusia dan masyarakat merupakan realitas yang saling memajukan & saling memperkembangkan. Manusia pada dasarnya memiliki dimensi kesosialan.

3.  Dimensi Kesusilaan
Manusia dengan kemampuan akalnya memungkinkan untuk menentukan sesuatu manakah yang baik dan manakah yang buruk, manakah yang pantas dan manakah yang tidak pantas. Dengan pertimbangan nilai-nilai budaya yang dijunjungnya memungkinkan manusia untuk berbuat dan bertindak secara susila.

4.  Dimensi Keberagamaan
Manusia adalah mahluk religius yang dianugerahi ajaran-ajaran yang dipercayainya yang didapatkan melalui bimbingan nabi demi kemaslahatan dan keselamatannya. Manusia sebagai mahluk beragama mempunyai kemampuan menghayati pengalaman diri dan dunianya menurut agama masing-masing.Pemahaman agama diperoleh melalui pelajaran agama, sembahyang, doa-doa maupun meditasi, komitmen aktif & praktek ritual.

semoga bermanfaat.....