Apa itu TPA?

Tes Potensi Akademik

Wawasan Pendidikan. - Tes Potensi Akademik (TPA) adalah suatu standar tes secara umum untuk membandingkan satu individu dengan individu lain secara lebih objektif yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademis).


TPA sering ditemukan pada seleksi nasional masuk perguruan tinggi dan standar penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), rekrutmen karyawan swasta, serta karyawan BUMN. Bahkan kenaikan jabatan setingkat manajer di berbagai perusahaan juga mempersyaratkan karyawannya mencapai TPA dengan skor minimum tertentu. Tes Potensi Akademik juga umum digunakan sebagai tes penerimaan mahasiswa untuk jenjang S2 dan S3.

Tes potensi akademik umumnya terdiri dari beberapa subtes, yaitu:

  • Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata (analogi), dan tes pengelompokan kata. Terkadang juga membaca makalah.
  • Tes kuantitatif berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.
  • Tes penalaran/logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.
  • Tes spasial atau tes gambar berfungsi untuk mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini antara lain meliputi tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar, dan tes identifikasi gambar.
Demikian penjelasan singkat mengenai Tes Potensi Akademik. TPA memang bukan satu-satunya standar penilaian yang sempurna dan tanpa cela. Tetapi dengan menggunakan tes ini, kita bisa mengetahui secara utuh dan komprehensif mengenai kemampuan komunikasi, analisis, dan berhitung calon mahasiswa baru/karyawan.