Definisi Motivasi dan Motivasi Belajar Menurut Para Ahli

wawsanpendidikan.com;teman-teman sobat pendidikan, kata motivasi sudah tidak asing lagi, sering di ucapkan namun tahukah kita pengertian dari motivasi itu..... nah, kali ini sobat pendidikan berbagi artikel tentang Definisi  Motivasi dan Motivasi Belajar Menurut Para Ahli. semoga bermanfaat. 
Definisi  Motivasi dan Motivasi Belajar Menurut Para Ahli
Motivasi Belajar Menurut Para Ahli

Mengajar pada dasarnya terlihat mudah karena dianggap hanya sebuah proses untuk mentrasfer pengetahuan seorang guru kepada siswa. Namun kenyataannya mengajar tidak semudah itu, sebab ada hal-hal yang mungkin yang perlu untuk diperhatikan agar apa yang menjadi tujuan awal dari pembelajaran tersebut dapat tercapai. Salah satunya adalah dengan memberikan motivasi kepada peserta didik. Motivasi adalah proses yang memberi semangat arah dan kegigihan perilaku. Artinya, perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energy terarah dan bertahan lama. 
Beberapa pengertian motivasi menurut para ahli antara lain:
1. Nasution (2000) motivasi adalah segala daya yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.
2. Menurut Whittaker yang dikutip Darsono (2000) motivasi adalah suatu istilah yang sifatnya luas yang digunakan dalam psikologi yang meliputi kondisi-kondisi atau keadaan internal yang mengaktifkan atau memberi kekuatan pada organisme dan mengarahkan tingkah laku organisme mencapai tujuan
3. menurut Winkel motivasi adalah motif yang sudah menjadi aktif pada saat-saat melakukan percobaan, sedangkan motif sudah ada dalam diri seseorang jauh sebelum orang itu melakukan suatu perbuatan.
4. menurut Mc. Donald yang dikutip oleh Sardiman (2006) motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan
5. menurut Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono (2004), motivasi sebagai faktor inner (batin) berfungsi menimbulkan, mendasari dan mengarahkan perbuatan belajar.

semoga artikel diatas tentang Definisi  Motivasi dan Motivasi Belajar Menurut Para Ahli bermanfaat, dinantikan kunjungannya di postingan selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel