Pengertian dan Fungsi Teori menurut Ahli

wawasanpendidikan.com; kata teori sudah tidak asing lagi di telinga kita. dalam beberapa kasus, khususnya dalam dunia pendidikan perdebatan-perdebatan yang tak berujung biasanya meminta teori rujukan sebagai landasannya. nah, pertanyaan yang muncul adalah apa pengertian teory? apasih fungsi teori?. kali ini sobat pendidikan akan membahas tentang Pengertian dan Fungsi Teori menurut Ahli. semoga bermanfaat.

Pengertian dan Fungsi Teori menurut Ahli

A. PENGERTIAN TEORI
Salah satu persyaratan suatu cabang ilmu pengetahuan adalah mempunyai teori. Tak ada ilmu pengetahuan tanpa mempunyai teori karna inti dari ilmu pengetahuan adalah teori. Fred N Kerlinger (1986) mendefinisikan teori ilmu pengetahuan sebagai berikut.
A theory is a set of interrelated constructs (concepts), defenitions, and propositions that present a systematic view of phenomena by specyfying relations among variabels, with the purpose of explaining and predicting the phenomena.
Defenisi ini mengemukakan tiga hal mengenai teori:
  1. Teori merupakan suatu set dalil yang terdiri dari konstruk-konstruk yang mempunyai definisi dan saling terkait.
  2. Teori mengemukakan saling terkaitnya suatu set variabel-variabel (konstruk-konstruk), dan dalam melakukan itu, mengemukakan suatu pandangan sistematik mengenai fenomena yang dilukiskan oleh variabel-variabel.
  3. Teori menjelaskan fenomena. Dalam melakukan hal tersebut teori menjelaskan hal apa, berkaitan dengan variabel apa, dan bagaimana variabel-variabel tersebut berhubungan. Jadi memungkinkan peneliti untuk memprediksi dari variabel tertentu ke variabel lainnya.
Setiap cabang ilmu yang mandiri mempunyai banyak teori yang unik khusus untuk cabang ilmu tersebut. Jika dibandingkan dengan tubuh manusia, teori-teori membentuk tulang-belulang dan otot-otot dan berbagai organ tubuh lainnya yang esensial bagi kehidupan manusia. Tanpa tulang-belulang dan otot-otot, manusia tidak dapat berdiri, berjalan, dan bergerak untuk mencapai tujuannya.

B. FUNGSI TEORI
Tujuan akhir dari ilmu pengetahuan adalah terciptanya teori-teori ilmu pengetahuan. Teori ilmu pengetahuan mempunyai lima fungsi, yaitu:
  1. Menjelaskan terjadinya fenomena. Teori dapat menjelaskan fenomena ilmu pengetahuan yang telah dan sedang terjadi. Misalnya, teori ilmu pengetahuan dapat menjelaskan fenomena terjadinya gempa bumi dan sunami aceh.
  2. Memprediksi fenomena yang akan terjadi. Misalnya, para ilmuan ilmu falak dengan menggunakan teori ilmu falak dapat meramalkan kapan terjadinya gerhana matahari atau gerhana bulan di Indonesia secara tepat tahunnya, bulannya, dan berapa lama gerhana akan berlangsung.
  3. Membimbing praktik profesi. Teori ilmu pengetahuan tidak hanya di hafal dan dipahami tetapi harus dan wajib diterapkan dalam pelaksanaan profesi agar profesi dapat melayani masyarakat dengan baik. Profesi sangat memerlukan teori ilmu pengetahuan, tanpa teori ilmu pengetahuan tidak ada profesi. Misalnya, orang hanya dapat menjadi evaluator jika ia menguasai teori evaluasi dan mendapatkan sertifikasi sebagai evaluator.
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan. Teori merupakan alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Penelitian bertujuan untuk menjawab problem yang dikemukakan oleh peneliti. Untuk menjawab problem itu disusun hipotesis. Hipotesis merupakan jawaban sementara yang disusun berdasarkan telaah  teori-teori mengenai variabel yang akan diteliti. Hipotesis diuji dengan menggunakan data yang dijaring dari lapangan. Hasil pengujian hipotesis dapat merperkuat teori yang ada dan dapat juga memperlemah atau meniadakan teori yang ada.
  5. Kehidupan berlandaskan teori ilmu pengetahuan. Negara maju di dunia, ternyata mereka mempelajari ilmu pengetahuan bukan hanya untuk lulus pendidikannya atau untuk melaksanakan pekerjaan atau profesi mereka, akan tetapi juga untuk mengelola kehidupan mereka agar makmur dan sejahtera, jika menghadapi problem, mereka berupaya menyelesaikan problem tersebut dengan menggunakan teori ilmu pengetahuan.
Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Fungsi Teori menurut Ahli semoga bermanfaat.

sumber:
Wirawan. (2011). Evaluasi. Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.