Pengertian Arus Kas Bebas Menurut Pendapat Ahli

wawasanpendidikan.com; banyak istilah - istilah dalam bidang Ekonomi dan managerial yang masih sangat awam kita ketahui. salah satunya adalah Arus Kas Bebas. nah, kali ini sobat pendidikan akan mengupas secara tuntas Pengertian dari Arus Kas Bebas menurut Pendapat Ahli

Pengertian Arus Kas Bebas Menurut Para Ahli
 Pengertian Arus Kas Bebas 

1. Menurut Brigham & Houston (2001) mendefinisikan Arus kas bebas sebagai berikut :
“Arus kas bebas yang berarti arus kas yang benar-benar tersedia untuk didistribusikan kepada seluruh investor (pemegang saham dan pemilik utang) setelah perusahaan menempatkan seluruh investasinya pada aktiva tetap, produk-produk baru, dan modal kerja yang dibutuhkan untuk mempertahankan operasi yang sedang berjalan”.
2. Menurut Wild, John J, K.R Subramanyam  (2010), Arus Kas Bebas adalah:
“arus kas bebas adalah turunan analisis laporan arus kas yang bermanfaat adalah perhitungan arus kas bebas (free cash flow-fcf). Sebagaimana ukuran analisis lainya, komponen-komponen perhitungan tersesbut harus diperhatikan. Motivasi tersembunyi dalam pelaporan komponen yang digunakan untuk menghitung arus kas bebas terkadang mempengaruhi manfaatnya. Meskipun kesepakatan atas definisi pasti arus kas bebas.”
3. Menurut Peni R. Pramono (2008) Arus kas bebas adalah :
“arus kas bebas adalah uang tunai yang benar-benar bisa disediakan oleh perusahaan untuk para investornya setelah perusahaan bisa memiliki aktiva tetap dan memiliki cukup modal kerja untuk menunjang kegiatan bisnisnya termasuk memelihara aktiva tetapnya”.
4. Menurut Cited in Kewon, Scott, Martin, and Petty, (1996) definisi arus kas bebas adalah
  “free cash flow is cash flow in excess of than required to fund all projects than have positive net present values when discounted at the relevant cost of capital”, yang artinya free cash flow adalah arus kas yang dibutuhkan untuk menandai semua kegiatan dimana memiliki nilai saat ini yang positif setelah dikurangi modal kerja.

Daftar Pustaka

1. Brigham, E.F dan Joel F Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Jilid 2. Edisi 8.  Suharto, Dodo. Wibowo, Herman, penerjemah. Jakarta: Erlangga. Terjemahan dari: Fundamental of Financial Management

2. Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. (2010). Analisis Laporan Keuangan (Financial Statement Analysis). Edisi Kesepuluh. Terjemhan Dewi Yanti. Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat.

3. Peni R. Pramono. 2008. Menilai Kinerja Manajer Lewat Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Gramedia