Manajemen: Pengertian dan Unsur-Unsurnya

wawasanpendidikan.com; managemen sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. untuk dapat mencapai tujuan, selain perencanaan yang matang dan persiapan yang maksimal, perlu juga yang mananya managemen. kata ini mungkin sudah sering kita dengar namun pemaknaanya masih sedikit yang mengetahuinya, oleh karena itu, sobat pendidikan akan berbagi artikel tentang "Manajemen: Pengertian dan Unsur-Unsurnya". semoga bermanfaat.
Manajemen: Pengertian dan Unsur-Unsurnya

Manajemen: Pengertian dan Unsur-Unsurnya

A. Pengertian Manajemen Menurut Ahli
  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2005). 
  • Menurut Etimologi kata manajemen berasal dari kata “manage” atau “manus” yang berart i: memimpin, menangani, mengatur atau membimbing (Ruslan, 1999). 
  • Menurut George R. Terry George R. Terry  mendefinisikan manajemen sebagaimana dikutip oleh inardi dalam bukunya yang berjudul Azas-Azas Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan planning, organizing, actuating atau controlling dimana pada masing-masing bidang digunakan baik ilmu pengetahuan maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka usaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan semula (Winardi, 1971). 
  • Menurut Sediyono Manajemen adalah segenap perbuatan menggerakkan sekelompok orang dan mengarahkan segala fasilitas dalam suatu usaha kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu (Sediyono, 1968). 
  • Menurut Richard L. Daft Manajemen merupakan pencapaian tujuan organisasi dengan cara yang efektif melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya organisasi (Richard, 2007) 
  • Menurut Munir dan Wahyu Ilaihi Ada tiga dimensi penting yang terdapat dari pengertian manajemen, yaitu: pertama, manajemen terjadi berkat kegiatan yang dilakukan oleh seorang pengelola; kedua, kegiatan dilakukan secara bersama-sama melalui orang lain untuk mencapai tujuan; dan ketiga, manajemen itu dilaksanakan dalam organisasi sehingga tujuan yang ingin dicapai adalah tujuan organisasi. (Munir, Ilaihi, 2006). 
  • Menurut S.P. Siagian Manajemen sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui  kegiatan-kegiatan orang lain (Siagian, 2007). 
Berdasarkan definisi manajemen di atas walaupun satu sama lain saling berbeda, tetapi terdapat unsur kesamaannya, dan dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari tindakan-tindakan untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, memimpin dan pengawasan, di mana kegiatan-kegiatan tersebut mempunyai tujuan tertentu yang akan dicapai oleh kelompok yang bersangkutan. 

B. Unsur-Unsur Manajemen 
Adapun unsur-unsur manajemen yang dirumuskan oleh para ahli manajemen (Aminullah, 2004) dengan istilah The six M terdiri atas: 
  • Man (manusia, tenaga kerja) 

Titik pusat manajemen adalah manusia yang berhak sebagai pelaksana, karena tidak ada manajemen tanpa manusia. Dengan demikian faktor manusia merupakan unsur yang paling penting dan menentukan dalam setiap bentuk kegiatan manajemen. Manusia yang menentukan tujuan, yang menggunakan dan melaksanakan proses kegiatan manajemen. Jadi, manusialah yang merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengawasi setiap kerjasama yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. 
  • Money (uang atau pembiayaan) 

Unsur lain yang tidak kalah pentingnya dalam mencapai tujuan manajemen adalah uang. Pengaruh uang sangat besar, karena uang dibutuhkan oleh setiap manusia, disamping sebagai alat tukar, uang juga berfungsi sebagai alat pengukur nilai besar atau kecilnya suatu kegiatan. Suatu perencanaan yang diprogramkan bila tanpa ada unsur pendukung yang akan membiayai dari kegiatan tersebut maka akan sia-sia. 
  • Material (bahan-bahan atau perlengkapan) 

Sebagai perlengkapan dari suatu yang dibutuhkan, maka adanya bahan yang dapat diolah merupakan tindak lanjut dari sebuah proses manajemen. Tanpa adanya material (bahan-bahan), manusia tidak dapat berbuat banyak dalam mencapai tujuannya tanpa adanya material yang akan diproses, tidak mungkin ada wujud dari 
hasil yang diproses. 
  • Machines (mesin-mesin) 

Adalah alat pelengkap guna memudahkan suatu proses. Selain itu, suatu kegiatan dapat dikatakan cepat dan mudah bila disertai adanya alat sebagai pelengkap. Lebih dari itu, di zaman yang lebih menonjol sisi-sisi kemutakhirannya ditengarai dengan adanya sebuah mesin-mesin yang dianggap canggih sehingga hasil yang diperolehnya dapat efektif dan efisien, seperti halnya komputer, alat tulis menulis dan yang lainnya yang mendukung. 
  • Method (metode, cara, sistem kerja) 

Cara melaksanakan suatu pekerjaan guna pencapaian tujuan yang tertentu, maka penggunaan metode tertentu pula yang akan mengiringinya. Metode guna pencapaian sesuatu juga sebagai sarana kelancaran dalam merampungkan tugas. 
  • Market (pasar) 

Sebagai hasil dari produktifitas maka akan berakhir juga lingkup yang lebih luas, yaitu pasar. Karena, tanpa kita sadari tujuan produktifitas adalah pemuasan konsumen terhadap barang yang kita hasilkan (Hamzah, 1981: 31). Peran pasar sangat penting, yakni sebagai tempat untuk memasarkan hasil produksi (barang) dari suatu kegiatan usaha. Oleh karena itu, pemasaran dalam manajemen ditetapkan sebagai unsur produksi manajemen. Baik buruknya suatu kualitas atau besar kecilnya suatu laba yang akan diperoleh suatu perusahaan dapat dikenal oleh masyarakat tergantung bagaimana metode penguasaan pangsa pasar itu sendiri. 

Dari uraian di atas, dapat kita pahami bahwa unsur-unsur manajemen merupakan faktor mutlak yang harus ada pada setiap kegiatan manajemen dan dalam bentuk manajemen apapun. Perlu diketahui juga, bahwa ke-enam unsur manajemen tersebut biasanya berlaku untuk kegiatan yang bersifat niaga atau perdagangan. 

Sedangkan kegiatan yang bersifat non-niaga (jasa) biasanya hanya menggunakan lima unsur  manajemen, karena unsur market tidak disertakan. 

Demikianlah penjelasan tentang "Manajemen: Pengertian dan Unsur-Unsurnya" semoga bermanfaat

Daftar Pustaka
  • Rosady Ruslan.(1999). Praktik dan Solusi Public Relations dalam Situasi Krisis dan Pemulihan Citra. Jakarta: Ghalia Indonesia. 
  • winardi (1979). asas-asas manajemen. terjemahan dari George. R Terry "Principle of management" Seventh Edition. Bandung penerbit alumni.
  • Richard. L., Marcic Dorothy (2007)  understanding management 12 edition new york, ny : McGraw-Hill Education 
  • Munir, M dan Wahyu Illahi, (2009), Manajemen Dakwah, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
  • Amrullah dan Budiono, Haris, (2004), Pengantar Managemen, Yogyakarta: Graha Ilmu.
  • KBRI, (1994), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, Edisi 2.