Klasifikasi Media Pembelajaran

wawasanpendidikan.com. telah dipaparkan sebelumnya tentang pengertian media Pembelajaran, Fungsi Media Pembelajaran maupun Manfaat Media Pembelajaran. Kali ini sobat pendidikan akan mengupas tentang Bagaimana klasifikasi dari media pembelajaran itu sendiri. untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel dibawah ini.



Klasifikasi Media Pembelajaran

Berbagai cara dapat dipergunakan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan media. Menurut Nana Sudjana dan Ahmad Riva’i dalam Raharjo terbitan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, media pembelajaran dibedakan menjadi:
a) Media grafis (dua dimensi), seperti gambar, foto, grafik, dan  sebagainya.
b) Media tiga dimensi, seperti model padat, model susun, model kerja,  dan sebagainya.
c) Media proyeksi, seperti slide, film strips, OHP, dan sebagainya.
d) Media lingkungan.

Dalam buku yang sama Sadiman, dkk., membagi media pembelajaran dalam tiga kelompok besar, yaitu:
  1. Media grafis, seperti: gambar atau foto, sketsa, diagram, bagan, grafik, kartun, poster, peta dan globe, papan flanel, papan buletin. 
  2. Media audio, seperti: radio, tape recorder, laboratorium bagasa. 
  3. Media proyeksi diam, seperti film bingkai, film rangkai, media transparan, proyektor apeque (tak tembus pandang), mikrofis, film, film gelang, televisi, vidio, permainan, dan stimulsi.

Dari berbagai klasifikasi media yang diungkapkan oleh beberapa ahli di atas, berbagai bentuk media tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Artinya tidak ada media yang dapat digunakan dalam semua kondisi dan keadaan. Karena perlu dipahami bahwa ciri-ciri tertentu atau karakteristik masing-masing media. Pengenalan macam dan karakteristik media ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pemilihan media dalam proses belajar mengajar. 

Sumber:
  • Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002, Cet. 2.  
  • Thoha, Chabib, (ed.), PBM-PAI Di Sekolah Eksistensi dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998, Cet. 1.  
  • Sukarno IAIN Walisongo