Apa Hakikat Dakwah Islam Itu?

wawasanpendidikan.com; telah dijelaskan bahwa Pengertian Dakwah  menurut bahasa berarti : panggilan, seruan, atau ajakan. Bentuk perkataan tersebut dalam bahasa Arab disebutkan masdar. Sedangkan bentuk kata kerja atau fi’ilnya adalah da’a-yad’u yang berarti memanggil, menyeru, atau mangajak. nah, kali ini sobat pendidikan akan mengupas tentang Apa Hakikat Dakwah Islam Itu? untuk lebih jelas silahkan baca artikel berikut ini. 

Apa Hakikat Dakwah Islam Itu?

Pada pengertian dakwah munculnya hakikat dakwah Islam, bahwa dakwah Islam adalah menanamkan aqidah tauhid dalam konteks “hablun manallah” dan menegakan keadilan sosial dalam konteks “hablun manannas”, dan dalam actionnya adalah amar makruf nahi mungkar. dalam arti amar makruf nahi munkar; ialah ajakan untuk mengerjakan kebaikan dan kebajikan, dan larangan atau pencegahan melakukan keburukan dan kemunkaran, dan bisa diartikan hijrah dari situasi yang jelek, buruk, kacau, tidak adil, tidak makmur dan destruktif menuju situasi yang baik, bagus, aman,-tenteram, adil, makmur dan konnstruktif. 

Dengan merealisasikan hakikat amar makruf, nahi munkar ini dapat terbentuk moral dan spritual bangsa didataran bumi ini dalam bentuk kearifan-kearifan insan, agar manusia mendapatkan kembali martabat kemanusiaannya sebagai hamba Allah, sebagai dapat memegang kembali amanah sebagai khalifah Allah., Maka rasa cinta, syukur, dekat dan ingat kepada Tuhan dapat diwujudkan dalam bentuk keadilan sosial dan perjuangan membebaskan umat manusia dari keterbelakangan, kezhaliman, kebodohan, kemiskinan dan rasa tidak aman. 

Dengan ungkapan lain, hakikat dakwah adalah suatu upaya untuk merubah suatu keadaan menjadi keadaan lain yang lebih baik menurut tolok ukur ajaran Islam sehingga seseorang atau masyarakat mengamalkan Islam sebagai ajaran dan pandangan hidup. Pengkondisian dalam kaitan perubahan tersebut, berarti upaya menumbuhkan kesadaran dan kekuatan pada dari objek dakwah. agar perubahan dapat menumbuhkan kesadaran dan kekuatan pada diri objek, maka dakwah juga harus mempunyai makna bagi pemecahan masalahan kehidupan dan pemenuhan kebutuhannya. 

demikianlah artikel tentang Apa Hakikat Dakwah Islam Itu? semoga bermanfaat

Sumber:
  • M. Masyhur Amin. (1995). Dinamika Islam :Sejarah Transformasi dan Kebangkitan. Yogyakarta: LKPSM
  • Drs. Hamdan Daulay. (2001). Dakwah di Tengah Persoalan Budaya dan Politik. Yogyakarta: LESFI.
  • Abdul Munir Mulkhan. (1995). Ideologisasi Gerakan Dakwah: Episod Kehidupan M. Natsir dan Azhar Basyir. Yogyakarta: SIPRESS