Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Ciri-Ciri serta Langkah-Langkah Model Pembelajaran Index Card Match

wawasanpendidikan.com; berbagai Model Pembelajaran telah dijelaskan sebelumnya seperti: Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Model Pembelajaran Cooperatif tipe Make a Match, Model Pembelajaran Snowball Throwing, Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) hingga Model Pembelajaran konvensional. Kali ini sobat pendidikan akan melanjutkan pembahasannya mengenai salah satu model pembelajaran yaitu Model Pembelajaran Index Card Match. Model ini akan dijelaskan secara rinci mulai dari Pengertian, Tujuan, Fungsi,  dan Ciri-Ciri serta Langkah-Langkah Model Pembelajaran Index Card Match.

Pengertian, Tujuan, Fungsi,  dan Ciri-Ciri serta Langkah-Langkah Model Pembelajaran Index Card Match

A. Pengertian Model Pembelajaran Index Card Match
Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, model, dan teknik pembelajaran.

Model pembelajaran Index Card Match atau mencari pasangan merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi  belajar siswa. Penerapan model pembelajaran ini dimulai dari teknik, yaitu siswa disuruh mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau soal yang dipegang. Siswa diharapkan mampu mencari pasangan kartunya sebelum batas waktu yang ditentukan. Siswa yang dapat mencocokkan kartunya lebih cepat akan diberi poin. 

B. Tujuan model Index Card Match
Adapun tujuan model Index Card Match ini adalah untuk melatih siswa agar lebih cermat dan lebih kuat pemahamannya terhadap suatu materi pokok. Selain tujuan diatas Index Card Match juga digunakan untuk mengarahkan atensi siswa terhadap materi yang dipelajarinya dan cukup menyenangkan digunakan untuk mengulangi meteri pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya. 

C. Ciri-Ciri Model Index Card Match
Index Card Match merupakan model yang digunakan pembelajaran aktif dengan jalan meninjau ulang materi degan ciri-ciri:
  1. Model ini menggunakan kartu.
  2. Kartu dibagi menjadi dua yang berisi satu pertanyaan dan satu untuk jawaban.
  3. Model ini dilakukan dengan cara berpasangan.
  4. Setiap pasangan membacakan pertanyaan dan jawaban.
D. Fungsi model Index Card Match
Fungsi Model Index Card Match adalah sebagai berikut :
  1. Agar siswa lebih cermat dalam pembelajaran.
  2. Siswa akan lebih mudah dalam memahami suatu materi.
  3. Siswa tidak merasakan kejenuhan dalam pembelajaran.
  4. Siswa lebih semangat dalam menerima pelajaran.
E. Langkah-langkah Model Pembelajaran Index Card Match
  1. Peneliti membuat potongan kartu sejumlah siswa dalam kelas dan kartu tersebut dibagi menjadi dua kelompok.
  2. Peneliti menulis pertanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya yang telah dipersiapkan. Setiap kartu satu pertanyaan dan jawaban. 
  3. Kocok semua kartu sehingga akan tercampur antara soal dan jawaban. 
  4. Bagi setiap siswa satu kartu, sebagian siswa akan mendapatkan soal dan jawaban.
  5. Minta siswa untuk mencari pasangannya. Jika sudah ada yang menemukan pasangannya, mintalah siswa untuk duduk berdekatan. 
  6. Setelah siswa menemukan pasangan dan duduk berdekatan, minta setiap pasangan secara bergantian membacakan soal yang diperoleh dengan suara keras kepada temannya. Selanjutnya soal tersebut dijawab oleh pasangannya.

F. Proses  Model Pembelajaran Index Card Match 
Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match adalah sebagai berikut :
  1. Guru membuat kartu sebanyak jumlah siswa, membuat 30 buah kartu, dari kartu tersebut 15 berisi pertanyaan dan15 lagi berisi jawaban. 
  2. Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana penggunaan model pembelajaran Index Card Match, dan menjelaskan sedikit tentang akhlaq tercela. 
  3. Guru membagi kartu kepada siswa, sehingga masing-masing siswa mendapatkan satu kartu yang berisi soal dan jawaban. 
  4. Guru menyuruh siswa mencari pasangan yang cocok dengan kartu yang dipegang sesuai dengan nomor yang tertera dalam kartu tersebut. 
  5. Setelah menemukan pasangannya, guru menyuruh siswa untuk duduk berdekatan, mintalah setiap asangan secara bergantian membacakan soal yang diperoleh dengan suara yang keras kepada teman-teman lainya. Selanjutnya soal tersebut dijawab oleh pasangannya. 
  6. Kemudian diadakan evaluasi diakhir pertemuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match, dengan memberikan pertanyaan yang tidak jauh beda dengan yang ada di dalam kartu.
Demikianlah artikel Model pembelajaran tentang Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Ciri-Ciri serta Langkah-Langkah Model Pembelajaran Index Card Match. Semoga bermanfaat.

Sumber:
  • Ismail SM. (2008). Model pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group 
  • Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Baca Juga:
Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, 
Model Pembelajaran Cooperatif tipe Make a Match, 
Model Pembelajaran Snowball Throwing, 
Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) 
Model Pembelajaran konvensional. 
Model Pembelajaran Problem Posing
Model Pembelajaran Problem Based Learning