Pengertian Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik

wawasanpendidikan.com; pada postinga sebelumnya telah dijelaskan tentang Pengertian Motivasi. kali ini sobat pendidikan akan membahas tentang  Pengertian Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik. semoga bermanfaat. 
Pengertian Motivasi Intrinsik dan motivasi Ekstrinsik
Belajar
Pengertian Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik

a) Motivasi Intrinsik 
Yang di maksud dengan Motivasi Intrinsik adalah motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu diransang dari luar, karena dalam diri setiap individu suadah ada dorongan untuk melakukan sesuatu. Sebagai Contoh seseorang yang senang membaca, tidak perlu ada yang menyuruh atau mendorongnya, karena ia sudah rajin mencari buku-buku untuk dibacanya. 

Perlu diketahui bahwa siswa yang memiliki motivasi intrinsik akan memiliki tujuan untuk menjadi orang yang terdidik, berpengetahuan, ahli dalam bidang studi tertentu. Satu-satunya jalan untuk menuju ke tujuan yang ingin dicapai ialah dengan belajar, tanpa belajar tidak mungkin mendapat pengetahuan, tidak mungkin menjadi ahli. Dorongan yang menggerakkan itu bersumber pada suatu kebutuhan, kebutuhan yang berisikan keharusan untuk menjadi orang yang terdidik dan berpengetahuan. Jadi memang motivasi itu muncul dari kesadaran diri sendiri dengan tujuan secara esensial, bukan sekedar simbol atau seremonial. 

b) Motivasi Ekstrinsik
Motivasi Ekstrinsik adalah motif-motif yang aktif dan  berfungsinya karena adanya rangsangan dari luar. Sebagai Contoh seseorang itu belajar karena tahu besok paginya akan ada ujian dengan harapan akan mendapat nilai yang baik, sehingga ia akan dipuji oleh pacarnya, atau temannya. Jadi yang penting bukan karena belajar ingin mengetahui sesuatu, tetapi ingin mendapatkan nilai yang baik, atau agar mendapat hadiah. Jadi kalau dilihat dari segi tujuan kegiatan yang dilakukannya, tidak secara langsung berhubungan dengan esensi apa yang dilakukannya itu.  Oleh karena itu motivasi ekstrinsik dapat juga dikatakan sebagai bentuk motivasi yang di dalamnya aktivitas belajar di mulai dan di teruskan berdasarkan dorongan dari luar yang tidak secara mutlak  berkaitan dengan aktifitas belajar. (Sardiman, A.M, 2001)

demikianlah pemaparan tentang Pengertian Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik. semoga bermanfaat. 

Sumber:
Sardiman, A.M. (2001). Interkasi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Cet. IX, Jakarta: Raja grafindo Persada.