Macam-Macam Motivasi dari Berbagai Sudut Pandang


wawasanpendidikan.com; pada postinga sebelumnya telah dibahas tentang Fungsi Motivasi dalam Belajar. Kali ini sobat pendidikan masih melanjutkan pembahasan terkait motivasi. motivasi ada bermacam-macam tergantung peninjauan terhadap aspeknya. nah, kali ini akan dibahas tentang Macam-Macam Motivasi dari Berbagai Sudut Pandang. semoga bermanfaat. 

Macam-Macam Motivasi dari Berbagai Sudut Pandang
 Macam-Macam Motivasi
Macam-Macam Motivasi dari Berbagai Sudut Pandang

Berbicara tentang macam atau jenis motivasi ini dapat dilihat  dari berbagai sudut pandang. Dengan demikian motivasi atau motifmotif yang aktif itu sangat bervariasi.

1) Motivasi Dilihat dari Dasar Pembentukannya. 

a) Motif-Motif Bawaan
Yang di maksud dengan motif bawaan adalah motif yang dibawa sejak lahir, jadi motivasi itu ada tanpa dipelajari. Sebagai contoh misalnya: dorongan untuk makan, dorongan untuk minum, dorongan untuk bekerja, dorongan untuk beristirahat, dorongan seksual. Motif-motif ini seringkali disebut motif-motif yang disyratkan secara biologis. Relevan dengan ini, maka Arden N. Frandsen memberi istilah jenis motif Physiological drives. 

b) Motif-Motif yang Dipelajari
Maksudnya motif-motif yang timbul karena dipelajari sebagai contoh: dorongan untuk belajar suatu cabang ilmu pengetahuan, dorongan untuk mengajar sesuatu di dalam masyarakat. Motif-motif ini seringkali di sebut dengan motifmotif yang diisnyaratkan secara sosial. Sebab manusia hidup dalam lingkungan sosial dengan sesama manusia yang lain, sehingga motivasi itu terbentuk. Frandsen mengistilahkan dengan affiliative needs.  

2) Jenis Motivasi Menurut Pembagian Woodworth dan Marquis

a) Motif atau kebutuhan organis, 
Motif atau kebutuhan organismeliputi kebutuhan untuk  makan, minum, bernafas, seksual, berbuat dan kebutuhan untuk beristirahat. Sesuai dengan jenis Physiological drives. 

b) Motif-motif darurat. 
Yang termasuk dalam jenis motif ini antara lain: dorongan untuk menyelamatkan diri, dorongan untuk membalas, untuk berusaha, untuk memburu,dan lain-lain. Jelasnya motivasi jenis ini timbul karena rangsangan dari luar. 

c) Motif-motif objektif. 
Dalam hal ini menyangkut kebutuhan untuk melakukan eksplorasi, melakukan manipulasi, untuk menaruh minat. Motif-motif ini muncul karena dorongan untuk dapat menghadapi dunia luar secara efektif. 

3) Motivasi Jasmaniah dan Rohaniah
Ada beberapa ahli menggolongkan jenis motivasi itu  menjadi dua jenis yakni motivasi jasmaniah dan rohaniah. Yang termasuk motivasi jasmaniah seperti: refleks, instink otomatis, nafsu. Sedangkan yang termasuk motivasi rohaniah, yaitu kemauan.  Soal kemauan itu pada setiap diri manusia terbentuk melalui empat momen, yaitu:

a) Momen Timbulnya Alasan 
Sebagai contoh seorang pemuda yang giat berlatih olahraga untuk menghadapi suatu porseni di sekolahannya, tetapi tiba-tiba disuruh ibunya untuk mengantarkan seseorang tamu membeli tiket karena tamu tersebut mau kembali ke jakarta. Si pemuda itu kemudian mengantarkan tamu tersebut. Dalam hal ini si pemuda tadi timbul alasan baru untuk melakukan suatu kegiatan (kegiatan mengantar). Alasan baru itu bisa karena untuk menghormati tamu atau mungkin keinginan untuk tidak mengecewakan ibunya. 

b) Momen Pilih
Maksudnya dalam keadaan pada waktu ada alternatif- alternatif  yang mengakibatkan persaingan di antara alternatif atau alasan-alasan itu. Kemudian seseorang menimbangnimbang dari berbagai alternatif untuk kemudian menentukan pilihan alternatif yang akan dikerjakan. 

c) Momen Putusan
Dalam persaingan antara berbagai alasan, sudah barang  tentu akan berakhir dengan dipilihnya satu alternatif. Satu alternatif yang dipilih inilah yang menjadi putusan untuk dikerjakan. 

d) Momen Terbentuknya Kemauan
Kalau seseorang sudah menetapkan satu putusan untuk  dikerjakan maka timbullah dorongan pada diri seseorang untuk bertindak, melaksanakan putusan itu. 

demikianlah pembahasan tentang Macam-Macam Motivasi dari Berbagai Sudut Pandang. semoga bermanfaat.