Ekonomi Sumber Daya Manusia: Pengertian dan Ruang Lingkupnya

wawasanpendidikan.com; kali ini sobat pendidikan akan membahas tentang Ekonomi Sumber Daya Manusia. untuk lebih jelas, silahkan baca artikel berikut ini.

Ekonomi  Sumber Daya Manusia: Pengertian dan Ruang Lingkupnya
Ekonomi  Sumber Daya Manusia: Pengertian dan Ruang Lingkupnya
Kata Sumber Daya Manusia pasti sudah akrab di telinga kita. Apa yang otomatis terbayang adalah manusia itu sendiri, kualitas, skill, serta pemanfaatannya. Lalu dengan penambahan kata ‘ekonomi’ pada sumber daya manusia, lantas menjadikan Ekonomi Sumber Daya Manusia menjadi suatu cabang ilmu ekonomi. Ekonomi Sumber Daya Manusia merupakan studi analisis sumber daya manusia yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi dimana ilmu dan teori ekonomi kemudian diterapkan dalam analisis pemanfaatan sumber daya manusia.

Ruang lingkup ekonomi sumber daya manusia berisi gambaran mengenai hal-hal dalam menopang pembangunan berkelanjutan. Hal-hal tersebut antara lain berupa ketenagakerjaan, dinamika kependudukan, struktur ketenagakerjaan, transisi kependudukan, mobilitas dan migrasi penduduk, permintaan dan penawaran tenaga kerja, pekerja anak, perencanaan ketenagakerjaan, sektor informal, sector formal, penduduk dan pembangunan ekonomi. Dapat dilihat dalam ruang lingkupnya, bahwa secara garis besar ekonomi sumber daya manusia berkaitan dengan  perencanaan sumber daya manusia, ekonomi ketenagakerjaan, dan ekonomi kependudukan.

Konteks Pembangunan  Nasional

Profesionalisme dan kepribadian, merupakan dua hal yang sangat penting untuk peningkatan pembangunan sumber daya manusia utamanya dalam konteks pembangunan nasional. Kepribadian yang matang dan kemampuan professional, keduanya saling terikat dan memperkuat sehingga dapat melahirkan pembangunan manusia yang seutuhnya.

Dalam pelaksanaaannya, upaya peningkatan SDM dilaksanakan melalui berbagai sektor pembangunan, antara lain sektor kesehatan, kesejahteraan sosial, kependudukan, pendidikan, tenaga kerja, dan sektor-sektor pembangunan lain. Upaya peningkatan Sumber Daya Manusia dilakukan melalui kebijaksanaan pokok yang bersifat lintas sektoral dan menjadi dasar dalam penentuan kebijaksanaan dan program yang bersifat sektoral.  Berikut adalah kebijaksanaan pokok tersebut:

1. Peningkatan Kualitas Hidup baik manusianya maupun kehidupannya Hal ini dilakukan antara lain melalui :
·       Pembangunan pendidikan, akan memperhatikan arah pembangunan ekonomi di masa mendatang, dalam arti responsive terhadap dinamika pembangunan dan perintaan pasar kerja, sehingga sesuai dengan kebutuhan (demand driven).
·       Pembangunan kesehatan, mendapatkan perhatian dengan menanamkan budaya hidup sehat, serta memperluas cakupan dan mutu pelayanan kesehatan terutama bagi masyarakat miskin dan daerah terpencil.
·     Untuk penduduk miskin, penngkatan kualitas dilakukan dengan memberikan keterampilan praktis, menumbuhkan sikap produktif, serta mendorong sikap keswadayaan dan kemandirian untuk bersama melepaskan diri dari kemiskinan.
·         Menekan laju pertumbuhan penduduk dengan pelaksanaan gerakan keluarga berencana.

2. Peningkatan kualitas SDM yang produktif dan upaya pemerataan penyebaran. Dilakukan melalui :
·         Peningkatan kemampuan/ketrampilan
·         Disiplin
·         Etos kerja produktif
·         Sikap kreatif dan inovatif
·         Membina lingkungan kerja yang sehat untuk memacu prestasi

3. Peningkatan kualitas SDM yang berkemampuan dalam memanfaatkan, mengembangkan dan menguasai iptek yang berwawasan lingkungan. Dilakukan juga melalui:
·         Pelatihan tenaga kerja dengan pengembangan usaha yang mandiri dan professional
·         Mobilitas sumber daya manusia yang kurang produktif ke kegiatan yang lebih produktif
·         Pengembangan system perlindungan tenaga kerja

4. Pengembangan pranata yang meliputi kelembagaan dan perangkat hukum yang medukung upaya kualitas SDM. Untuk efisiensi dan efektvitas, maka koordinasi antar lembaga pemerintah, maupun antara lembaga-lembaga dimasyarakat dalam pengembangan SDM perlu lebih dikembangkan. Mayarakat, termasuk dunia usaha (swasta), koperasi dan organisasi kemasyarakatan lainnya didorong untuk lebih partisipatif dalam berbagai upaya peningkatan kualitas SDM.

Demikianlah pemaparan tentang Ekonomi  Sumber Daya Manusia: Pengertian dan Ruang Lingkupnya. semoga bermanfaat.