Dasar Melakukan Statistik Inferensial Dalam Penelitian

Dasar Melakukan Statistik Inferensial Dalam Penelitian

Wawasan Pendidikan. Sebuah perubahan akan diawali langkah sederhana seperti sebuah treatment, akan tetapi untuk meberlakukan sebuah treatment ada beberapa asumsi yang diambil terlebih agar treatment yang diberikan memebrikan sebuah peribuhan nilai ke arah yang lebih positif. Treatment yang diberikan memeprtimbakan satu atau lebih variabel yang terkandung dalam sebuah objek yang ingin diberi treatment. Misalkan seorang anak dianggap mengalami degradasi nilai sopan santun maka treatment yang diberikan adalah upaya untuk mengembailkan nilai sopan santun yang ada pada anak tersebut. Hal ini menjadi lebih sulit jika objek yang ingin diberikan treatment adalah sekumpulan anak baik dalam jumlah kecil maupun besar. Sangat susah untuk meberikan justifikasi hanya berdasarkan pengamatan. Dibutuhkan data yang banyak dan pentuan kesimpulan berdasarkan data yang ada tentunya akan berpengaruh sangat signifikan terhadap perubahan sekelompok objek. 
Dasar Melakukan Statistik Inferensial Dalam Penelitian
Dasar Melakukan Statistik Inferensial Dalam Penelitian
Pada awal tahun 1980 dan berlanjut sampai abad 21, industri di Amerika menekankan tentang perbaikan kualitas. Hal tersebut diilhami oleh kemajuan industri Jepang yang sangat pesat pada pertengahan abad 20. Keberhasilan industri di Jepang didasarkan pada penggunanan metode statistik dan pola piker statistik pada personil manajemen perusahaan.

Penggunaan metode statistik bukanlah hal yang baru dalam industri, khususnya dalam kaitannya dengan pengumpulan informasi/data atau data saintifik.

Terdapat perbedaan mendasar antara pengumpulan informasi saintifik dengan statistik inferensial. Statistik inferensial digunakan dalam proses mengambil keputusan dalam menghadapi ketidakpastian dan perubahan. Contoh ketidakpastian adalah kuat tekan beton dalam suatu pengujian tidak sama, walaupun dibuat dengan material yang sama. Dengan adanya kenyataan tersebut, maka metode statitsik digunakan untuk menganalisis data dari suatu proses pembuatan beton tersebut sehingga diperoleh kualitas yang lebih baik. Statistik inferensial telah menghasilkan banyak metode analitis yang digunakan untuk menganalisis data. Dengan perkataan lain statistik inferensial tidak hanya mengumpulan data, tetapi juga mengambil kesimpulan dari suatu sistem saintifik. Informasi dikumpulkan dari suatu sampel atau kumpulan dari suatu pengamatan (observasi). Sedangkan sampel diambil dari populasi yang merupakan kumpulan (himpunan) yang mewakili semua pengukuran.