Pengertian Prestasi Belajar Siswa

Pengertian Prestasi Belajar Siswa

Wawasan Pendidikan. Berdasarkan kata pembentuk, Prestasi belajar terdiri dari dua kata yaitu prestasi (prestige) dan belajar. Masing-masing kata memiliki pengertian yang berdiri sendiri.


Secara Etimologi, Prestasi berasal dari bahasa Belanda yang artinya hasil dari usaha. Prestasi adalah hasil yang hanya diperoleh melalui usaha yang telah dikerjakan. Dari pengertian prestasi tersebut, maka pengertian prestasi diri adalah hasil atas usaha yang dilakukan seseorang. Prestasi dapat dicapai dengan mengandalkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual, serta ketahanan diri dalam menghadapai situasi segala aspek kehidupan. (1) WJS Poerwadarminta mengemukakan bahwa prestasi adalah hasil yang telah dicapai (dilakukan, dikerja kan dan sebagainya). (2) Pasaribu dkk, prestasi adalah hasil yang dicapai setelah mengikuti pendidikan atau latihan-latihan tertentu. (3) M. Bukhari bahwa istilah prestasi cenderung menunjukkan hasil-hasil nyata dari suatu usaha.

Pengertian Belajar: (Lebih detail mengenai: Belajar ) merupakan masalah yang kompleks, karena setiap individu yang belajar melibatkan aspek kepribadiannya, baik fisik maupun mental sehingga akan terjadi perubahan dari individu yang belajar. Untuk memahami pengertian tentang belajar, berikut ini dikemukakan beberapa pendapat (1)Syaeful Bahri Djamaroh: Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa dan raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotorik.(2) Ahmad Mudzakir dan Joko Sutrisno: Belajar adalah suatu usaha atau kegiatan yang bertujuan mengadakan perubahan dalam diri seseorang, mencakup perubahan tingkah laku, sikap kebiasaan, ilmu pengetahuan, keterampilan dan sebagainya. (3) Crow and Crow: Learning is modification of accompanying growth processes that are brought hirough adjustment to lantion intiated throught sensory stimulation. Belajar adalah perubahan tingkah laku yang menyertai perubahan dimana semua itu melalui penyaringan dan rangsangan hidup.

Dari pengertian prestasi dan belajar yang telah diuraikan di atas maka dapat disimpulkan pengertian prestasi belajar adalah suatu hasil yang nyata dari peserta didik melalui kegiatan jiwa dan raga yang bertujuan untuk memperoleh perubahan tingkah laku dan akal pikiran yang dihasilkan dari pengalaman dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut afektif, kognitif dan psikomotorik melalui penyaringan serta rangsangan hidup yang bersumber dari latihan dan usaha.