Pengertian, Lanagkah-Langkah dan Kelebihan Metode Kitabah

wawasanpendidikan.com; beberapa Metode Pembelajaran yang telah dipaparkan sebelumnya seperti Metode Pembelajaran NHTMetode Gallery WalkMetode DemonstrasiMetode Crossword PuzzleMetode Investigasi  dan Metode Tutor Sebaya. Kali ini sobat pendidikan berbagi artikel tentang Pengertian, Lanagkah-Langkah dan Kelebihan Metode Kitabah. semoga bermanfaat.
pengertian Metode Kitabah
Metode Kitabah

1 Pengertian Metode Kitabah
Metode mengajar yang digunakan guru atau ustadz-ustadzah dalam setiap kali penyampaian materi bukanlah asal pakai, tetapi telah melalui seleksi yang bersesuaian dengan perumusan tujuan pemakaian metode yang satu digunakan untuk mencapai tujuan yang lain. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui karakteristik dari materi yang akan disampaikan dan sesuai dengan metode yang akan digunakan.

Sukses tidaknya suatu program pengajaran seringkali dinilai dari segi metode yang digunakan, sebab metodelah yang menentukan isi dan cara mengajarkan suatu pelajaran. Untuk memberikan keterampilan menulis arab kepada peserta didik, guru harus dapat memiliki metode yang tepat sesuai dengan karakteristik materi pelajaran dan kondisi peserta didik. Salah satu metode yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf arab adalah metode kitabah.

Secara bahasa metode kitabah artinya adalah menulis. Jadi, metode kitabah adalah metode menulis huruf arab (hijaiyah) dengan cara terlebih dahulu membentuk sketsa-sketsa huruf hijaiyah, kemudian baru membentuk huruf-huruf hijaiyah yang utuh dengan cara memberikan garis lurus yang membentuk konstruksi huruf hijaiyah tersebut. Implementasi metode kitabah bagi peserta didik yang baru belajar menulis huruf arab dilakukan dengan memberikan garis bantu untuk menentukan benar tidaknya letak huruf yang ditulis.

Pada masa awal perkembangan, seorang anak sering mendapatkan pengalaman-pengalaman sensoris. Melalui pengalaman-pengalaman sensoris, anak telah belajar menangani semua materi-materi secara lembut. Pengalaman sensoris di usia awal ini merupakan dasar bagi anak untuk belajar menulis. Sehingga tak jarang ditemui seorang anak yang memuntahkan segala ide-idenya melaui cerotan-coretan. Potensi ini dapat digunakan oleh guru untuk membantu mereka meningkatkan keterampilan menulis, termasuk menulis huruf arab.

Menulis merupakan permainan yang menyenangkan bagi anak usia empat tahun. Pada usia-usia awal tersebut, seorang anak sangat bersemangat untuk mempelajari dan menguasai kecakapan tersebut.Dengan cara mengulang-ulang materi pelajaran, kecapakan menulis anak akan dikembangkan dan disempurnakan.
langkah langkah Metode Kitabah
Metode Kitabah

2. Langkah-langkah Implementasi Metode Kitabah
Sebuah metode tidak akan berhasil jika tidak diimplementasikan dengan baik. Penerapan metode kitabah ini, di antaranya adalah:

a) Pada awal pembelajaran, guru memberikan informasi tentang jalannya pembelajaran dan tugas yang harus dilaksanakan peserta didik secara singkat dan jelas.
b) Guru memberikan sketsa huruf hijaiyah dengan panah penunjuk arah gerakan menulis dan garis bantu yang menentukan benar tidaknya letak huruf yang ditulis. Disertai dengan contoh huruf-huruf hijaiyah yang akan dibuat.
c) Guru menjelaskan tiap sketsa huruf hijaiyah beserta bunyinya pada peserta didik secara singkat.
d) Guru menyuruh peserta didik untuk maju ke depan dan menulis huruf hijaiyah sesuai dengan sketsa yang telah dibuat guru dengan cara menyambung garis putus-putus menjadi garis lurus sehingga membentuk huruf hijaiyah yang utuh. Kegiatan ini dilakukan secara bergantian oleh peserta didik.
e) Sebagai latihan guru memberikan kertas kosong yang digunakan peserta didik untuk menulis kembali huruf-huruf arab yang telah dibuat.
f) Guru melanjutkan dengan menguji keterampilan menulis huruf arab peserta didik secara acak.
g) Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut.
h) Guru melakukan evaluasi/tes praktek menulis huruf hijaiyah.

3. Kelebihan Metode Kitabah.
Beberapa alasan mengapa metode kitabah digunakan dalam pembelajaran di taman kanak-kanak dan upayanya dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf Arab peserta didik adalah:

a. Metode ini memudahkan peserta didik untuk menulis huruf arab karena dilengkapi dengan panah penunjuk arah gerakan menulis dan garis bantu yang menentukan benar tidaknya letak huruf yang ditulis. Mereka tinggal menebalkan. Dengan cara seperti ini peserta didik tidak merasa kesusahan menulis huruf arab yang struktur hurufnya lumayan rumit.
b. Peserta didik lebih mudah menulis sekaligus menghafal huruf-huruf hijaiyah, karena metode kitabah mengklasifikasikan huruf sesuai dengan kemiripan bentuk kemudian baru ke huruf-huruf yang berbeda dengan lainnya.
c. Dalam metode kitabah, peserta didik dibantu dengan contoh-contoh yang jelas serta petunjuk arah gerakannya. Dengan cara demikian, maka proses belajar cenderung lebih mudah dan lancar.


sumber:

  • Hariyoto dan Subakir Saerozi, Mahir Menulis Arab, (Yogyakarta: Gama Media, 2001).
  • Ahsin W. Al-Hafidz, Bimbingan Praktis Menghafal al-Qur'an, (Jakarta: Bumi Aksara,2005).
  • Elizabeth G. Hainstock, Metode Pengajaran Montessori untuk Anak Pra Sekolah, Terj. Hermes, (Jakarta: PT. Pustaka Delapratasa, 1997).