Hal-Hal Yang Mempengaruhi Perilaku Filantropi

Hal-Hal Yang Mempengaruhi Perilaku Filantropi


Wawasan Pendidikan. Setelah mengetahui pengertian, sifat serta kategori dari perilaku filantropi, bahkan mengetahui apa-apa saja perilaku-perilaku filantropi. ternyata ada Hal-Hal Yang Mempengaruhi Perilaku Filantropi. untuk lebih jelas silahkan baca artikel di bawah ini.



Perilaku manusia berasal dari dorongan yang ada dalam diri manusia, sedang dorongan merupakan usaha untuk memenuhi kebutuhan yang ada dalam diri manusia. Berperilaku dalam setiap aktivitas selalu ada di kehidupan manusia, banyak hal yang mengharuskan seseorang untuk berperilaku. Manusia berperilaku karena dituntut oleh dorongan dari dalam, sedangkan dorongan merupakan suatu usaha untuk memenuhi kebutuhan yang harus terpuaskan. Dalam kehidupan manusia terdapat berbagai macam perilaku, antara lain, berbagi, menolong, kerjasama, bertindak jujur, pengorbanan, dan perilaku filantropi.

Perilaku filantropi adalah tindakan sukarela untuk kepentingan publik. Perilaku ini berkenaan dengan kepentingan masyarakat umum, bisa dalam bentuk material atau pun jasa. Dalam hal ini, perilaku filantropi memiliki macam-macam bentuk. Diantaranya, pemurah, sedekah, infaq, dan menolong tanpa imbalan.

Perilaku filantropi tidak terdapat di dalam setiap diri seseorang. Tidak sedikit orang yang kurang memiliki, bahkan tidak memiliki perilaku filantropi ini. Meski pun di dasar hati ingin memunculkan perilaku filantropi, akan tetapi terhalangi oleh sebab lain yang menjadikan perilaku filantropi ini tidak muncul. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku filantropi;

  • Faktor Situasi Sosial, semakin banyak yang melihat suatu kejadian yang memerlukan pertolongan, makin kecil munculnya dorongan untuk menolong.
  • Faktor Biaya Menolong, dengan keputusan memberi pertolongan akan ada cost tertentu yang harus dikeluarkan untuk menolong.
  • Faktor Norma, hampir di semua golongan ada norma bahwa memberi pertolongan kepada orang yang membutuhkan adalah suatu keharusan.
  • Faktor Karakteristik Orang-orang yang Terlibat, makin banyak kesamaan antara kedua belah pihak, makin besar peluang untuk munculnya pemberian pertolongan
  • Faktor Kedekatan Hubungan, ada kecenderungan bahwa orang lebih senang memberi pertolongan pada orang yang dikenal atau yang disukai.
  • Faktor mediator Internal, mood memiliki pengaruh terhadap pemberian pertolongan.
  • Faktor Empati, ada hubungan antara besarnya empati dengan kecenderungan menolong.
  • Faktor Latar Belakang Kepribadian, perilaku filantropi tidak hanya tergantung pada situasi dan kondisi saja, tetapi juga dipengaruhi oleh latar belakang kepribadian penolong.

Selain faktor-faktor di atas faktor religius juga dapat mempengaruhi perilaku filantropi. Karena perilaku ini dapat muncul oleh dorongan ajaran agama yang menjadi kepercayaan seseorang.

sumber:
Heri Purwanto, Pengantar Perilaku Manusia untuk Keperawatan, ( Jakarta : EGC, 1999).

Faturochman, Pengantar Psikologi Sosial.