Contoh Soal Benar Salah Pelajaran Agama Islam Kelas III Sekolah Dasar Semester Gasal

Contoh  Soal  Benar Salah Pelajaran Agama Islam Kelas III Sekolah Dasar Semester  Gasal 

wawasanpendidikan.com; begitu banyak contoh-contoh soal yang bisa dikembangkan oleh guru di kelas. tidak hanya contoh soal pilihan ganda, contoh soal benar salah juga salah satu yang mungkin bisa digunakan oleh guru di kelas.



kali ini sobat pendidikan akan memberikan contoh soal benar salah untuk mata pelajaran agama islam kelas III SD. Standar Kompetensi: 1. Mengenal Nama-nama Allah yang Indah. Kompetensi Dasar: 1.1 memahami 5 Asmaul-Husna (al-Khaliq, al-awwal, al-hayyu, al-ahadu, al-wahid) adapun petunjuk pengetjaan soal sebagai berikut.

Petunjuk Pengerjaan Soal:
Pada Lembar jawaban yang disediakan, tulislah B bila benar dan S bila salah pada setiap pernyataan berikut
  1. Adanya gunung yang menjulang tinggi indah, laut luas yang biru dan makhluk yang beraneka ragam yang ada didunia ini adalah bukti dari sifat allah Al-awwal.
  2. Allah telah ada sebelum segala sesuatu ada, dan tidak ada sesuatupun yang mendahului keberadaannya ini adalah sifat maha awal Allah SWT.
  3. Al-Khayyu adalah sifat yang dimiliki Allah SWT yang artinya maha pencipta.
  4. Q.S. Al-Ikhlas ayat 3 adalah ayat yang menjelaskan tentang kemahatunggalan Allah SWT.
  5.  La illaha illa Allah adalah lafal yang menyatakan kemahaesaan Allah SWT.

Kunci Jawaban Soal Benar-Salah
  1.   ( S ) Adanya gunung yang menjulang tinggi indah, laut luas yang biru dan makhluk yang beraneka ragam yang ada didunia ini adalah bukti dari sifat Allah Al-Khalik yaitu sang maha pencipta dan bukan bukan sifat Allah Al-awwal.
  2.  ( B ) Al-awal artinya adalah Zat yang pertama, jadi Allah telah ada sebelum segala sesuatu ada, dan tidak ada sesuatupun yang mendahului keberadaannya ini adalah sifat maha awal Allah SWT adalah benar.
  3.  ( S ) Al-hayyu artinya yang maha hidup yang artinya bahwasan Allah adalah zat yang kekal. Sedangkan kemaha penciptaan Allah adalah Al-Khaliq
  4.  ( B ) Arti ayat ke tiga dari surah al-ikhlas adalah “Dia tidak beranak dan tidak diberanakkan” dan ini benar menunjukkan kemahatunggalan Allah / Al-wahid yaitu yang maha tunggal.
  5. ( B ) Laa ila ha illa Allah yang berarti tiada tuhan selain Allah adalah lafal yang menunjukkan kemahaesaan Allah yaitu Allah adalah maha satu.