Contoh Soal Isian Mata Pelajaran Ekonomi SMA Kelas X Semester Genap

wawasanpendidikan.com; kali ini sobat pendidikan akan berbagi contoh soal isian Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas kelas X  Semester Genap  pada Standar Kompetensi: Memahani Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN).  Kompetensi Dasar : Mendeskripsi-kan indeks harga dan inflasi. Adapun soalnya antara lain:



Lengkapilah pernyataan-pernyataan berikut agar menjadi pernyataan yang tepat.
  1. Apakah yang dimaksud dengan inflasi?
  2. Suatu negara mengalami inflasi sebesar 20% pertahun, tergolong jenis inflasi apa yang dialami oleh negara tersebut?
  3. Disebut apakah inflasi yang terjadi sebagai akibat adanya kenaikan biaya produksi?
  4. Apa yang menyebabkan inflasi menurut teori kuantitas?
  5. Saat terjadi inflasi, pemerintah mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat. Sikap pemerintah yang demikian termasuk dalam kebijakan ….


Kunci Jawaban Soal jawaban singkat:

  1. Inflasi adalah proses naiknya harga-harga secara umum dan terus-menerus.
  2. Galloping inflation/inflasi menengah. Berdasarnya tingkatan inflasi dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu creeping inflation/inflasi merayap (<10%), Galloping inflation/inflasi menengah (10-30%), Hyper inflation (>30%)
  3. Cost-Push InflationPenyebab terjadinya inflasi ditinjau dari permintaan dan penawaran dibagi menjadi dua kategori, yaitu demand –pull inflation (kenaikan harga secara terus-menerus karena adanya kenaikan permintaan barang/jasa) dan Cost-Push Inflation (inflasi yang terjadi sebagai akibat adanya kenaikan biaya produksi)
  4. Teori kuantitas menyatakan bahwa penyebab utama dari inflasi adalah pertambahan jumlah uang yang beredar dan psikologi (harapan) masyarakat mengenai kenaikan harga di masa yang akan datang.
  5. Kebijakan moneter.Pemerintah memberlakukan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Kebijakan fiskal menyangkut pengaturan pengeluaran pemerintah dan perpajakan.