Sistem Pencernaan Pada Manusia

wawasanpendidikan.com - Postingan sobat pendidikan kali ini berjudul Sistem Pencernaan Pada Manusia. Berikut artikelnya.
Sistem Pencernaan Pada Manusia
Sistem Pencernaan Pada Manusia
     Saluran pencernaan meliputi mulut, faring (hulu kerongkongan), kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum (poros usus), dan anus. Organ pencernaan makanan tambahan terdiri dari gigi, lidah, kelenjar ludah, kandung empedu, hati, dan pankreas.

A. Mulut
Didalam mulut terdapat alat pencernaan seperti gigi, lidah, dan kelenjar ludah.

1. Gigi
Gigiberfungsi untuk mengunyah, memotong, dan menyobek makanan hingga lembut. Berdasarkan fungsinya, gigi dibagi menjadi tiga jenis sbb:
*Gigi taring, berfungsi untuk menyobek makanan
*Gigi seri, berfungsi untuk memotong-motong makanan
*Gigi geraham, berfungsi untuk mengunyah makanan
Manusia umumnya mengalami dua kali pergantian gigi. Saat berumur 0-6 tahun jumlah giginya 20, yang dinamakab gigi susu. Sesudah dewasa, jumlah giginya 32, dan jika tanggal tidak akan tumbuh lagi diseebut gigi tetap.

2. Lidah dan kelenjar ludah
Lidah berfungsi sebagai pengecap rasa makanan, membantu menempatkan makanan, dan membantu proses penelanan makanan. Kelenjar ludah menghasilkan ludah sekitar 1,6 liter setiap hari. Umumnya ludah mengandung 99% air dan 1% berupa garam-garaman, urea, lendir, enzim pembunuh kuman, dan enzim pencernaan makanan. Pada manusia terdapat tiga buah kelenjar ludah, yaitu kelenjar parotis (di antara otot pengunyah di sebelah bawah depan daun telinga dan kulit pipi), kelenjar sublingualis (di bawah lidah), dan kelenjar submandibularis (di kelenjar ludah rahang bawah).

B. Kerongkongan
Kerongkongan merupakan alat pencernaan yang menghubungkan mulut dengan lambung, yang terletak diantara pembuluh hawa dan ruas tulang belakang. Perjalanan makanan dari kerongkongan sampai lambung membutuhkan waktu enam detik, karena adanya gerak peristaltik.

C. Lambung
Lambung merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai tempat terjadinya pencernaan makanan secara kimiawi. Organ ini terletak diatas rongga perut, dibawah diafragma. Lambung terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian atas (kardiak), bagian tengah (fundus), dan bagian bawah (pilorus). Lambung menghasilkan getah lambung yang terdiri dari air, lendir, asam klorida (HCl), enzim renin dan pepsinogen.

D. Usus Halus
Makanan dari lambung akan masuk ke dalam usus halus. Pada usus halus ini terjadi penyerapan sari-sari makanan. Usus halus terdiri dari usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum). Pada usus halus terdapat muara dari dua saluran yang berasal dari kandung empedu dan saluran yang berasal dari pankreas.

E. Usus Besar
Sisa makanan yang berupa cairan, diserap oleh usus besar dan dibusukkan oleh bakteri pembusuk. Kotoran ini akhirnya akan dikeluarkan melalui anus.

Demikianlah pembahasan tentang Sistem Pencernaan Pada Manusia. semoga bermanfaat.