Sejarah Indonesia : Latar Belakang dan Tujuan Datangnya Bangsa Barat ke Indonesia

wawasanpendidikan.com - Sobat pendidikan kali ini akan membagikan artikel untuk teman-teman yang belajar sejarah khususnya Sejarah Indonesia. Judul artikelnya yaitu Latar Belakang dan Tujuan Datangnya Bangsa Barat ke Indonesia. Sesuai judulnya, postingan ini berisi artikel tentang latar belakang dan tujuan datangnya bangsa barat ke Indonesia. Semoga bermanfaat ^^
sumber gambar : theblazed.blogspot.com
     Di dalam sejarah bangsa-bangsa di dunia dikenal adanya masa penjelajahan samudra. Aktivitas penjelajahan samudra ini dalam rangka untuk menemukan dunia baru. Dunia baru yang dimaksud waktu itu pada mulanya adalah wilayah atau bagian dunia yang ada di sebelah timur (timurnya Eropa sebagai penghasil rempah-rempah). Daerah yang menghasilkan rempah-rempah itu tidak lain adalah Nusantara. Namun dalam konteks penemuan dunia baru itu kemudian tidak hanya Kepulauan Nusantara saja tetapi juga daerah-daerah lain yang ditemukan oleh orang Eropa pada periode penjelajahan samudra, misalnya Amerika dan daerah-daerah lain di Asia.
      Rempah-rempah adalah komoditas perdagangan yang sangat laris di Eropa. Dan Indonesia terkenal sebagai kepulauan penghasil rempah-rempah. Kemudian bagaikan memburu mutiara dari timur orang-orang Eropa berusaha datang ke Kepulauan Nusantara untuk mendapatkan rempah-rempah. Tujuan Bangsa Barat yang tadinya hanya ingin melakukan penjelajahan samudra karena motivasi untuk menemukan dunia baru berubah bukan hanya sekedar motivasi lagi, tetapi juga muncul nafsu untuk menguasai dunia baru itu demi memperoleh keuntungan ekonomi dan kejayaan politik.
     Namun pada intinya, kedatangan bangsa Barat ke Indonesia dilatarbelakangi oleh peristiwa jatuhnya Konstantinopel di kawasan laut tengah pada tahun 1453. Konstantinopel adalah ibukota Kekaisaran Romawi Timur yang merupakan pelabuhan transit perdagangan antara Asia dan Eropa. Semenjak kejatuhannya, jalur perdagangan antara Eropa dan Asia Timur di kawasan Laut Tengah terputus. Rempah-rempah yang menjadi faforit di Eropa tidak tersedia lagi. Para pedagang terpaksa mencari jalur lain ke sumber rempah-rempah dan hal tersebut membawa bangsa Eropa ke Indonesia.
     Selain itu, serangkaian penemuan di bidang teknologi juga merupakan faktor penting untuk melakukan pelayaran bagi bangsa-bangsa barat menuju tanah Hindia/Kepulauan Nusantara. Sementara itu semangat dan dorongan untuk melanjutkan perang salib disebut-sebut juga ikut mendorong kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia. Hal-hal tersebutlah yang kemudian menjadi latar belakang dan tujuan datangnya Bangsa Barat ke Indonesia.