Contoh Surat: Surat Pernyataan

Contoh Surat: Surat Pernyataan 

Surat Pernyataan adalah sebuah surat yang digunakan untuk menyatakan sebuah statement. Biasanya surat pernyataan digunakan sebagai pegangan untuk mengikat status sesorang dalam sebuah perjanjian. Statement atau pertanyaan yang dibuang ada banyak macam, hal ini tergantung dari dari tujuan pembuatan surat tersebut misalnya:

Pernyataan kesanggupan,- biasanya  Surat Lamaran Kerja pada Instansi dengan menyatakan Kesanggupan untuk melakukan sesuatu seperti bersedia ditempatkan di seluruh cabang atau kesanggupan untuk tidak menikah dalam kurun waktu tertentu. 

Pernyataan Kebenaran,- Biasanya berupa pernyataan bahwa benar yang membuat surat tidak dalam keadaan tertentu seperti pengaruh narkoba atau bekerja pada instansi lain.

surat pernyataan juga bisa digunakan dalam berbagai perjanjian seperti masalah pertanahan, pernikahan, pekerjaan selama isi dalam surat tidak melanggar dan bertentangan dengan Undang-undang yang berlaku.



Yang Bertandatangan dibawah ini:

Nama                           :
Tempat Tanggal Lahir   :
Jenis Kelamin               :
Pendidikan                   :
Alamat                         :

Dengan ini menyatakan bahwa


  • Sampai saat ini tidak menikah dan belum pernah menikah
  • bersedia untuk tidak menikah dalam kurung satu tahun ditambah enam bulan masa pertama setelah masa pelatihan


Surat pernyataan ini saya buat dengan benar dan dalam keadaan sadar serta jika nantinya terdapat kekeliruan dalam pernyataan saya, maka saya pribadi bersedia menanggung segala risiko dan tanggung jawab atas pelanggaran yang saya lakukan dan dituntut berdasarkan hukum yang berlaku di wilayah kekuasaan NKRI. Demikian surat ini dibuat dan untuk digunakan sebagaimana mestinya.


Makassar, 26 maret 2014
(materai 6000)


(Nama Pembuat)