Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gaya Belajar

wawasanpendidkan.com; melanjutkan postingan sebelumnya, dimana sobat pendidikan telah membahas tentang pengertian gaya belajar siswa menurut para ahli kemudian macam-macam gaya belajar dan ciri-cirinya.. kali ini sobat pendidikan akan menjelaskan tentang  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gaya Belajar. karena disetiap gaya belajar yang diterapkan siswa pastinya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain,,, apakah itu?
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gaya Belajar
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gaya Belajar
Pada dasarnya, Gaya belajar yang digunakan merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam belajar. Perlu disadari bagaimana orang yang satu dengan yang lain menyerap dan menggali informasi, dan dapat menjadikan belajar dan berkomunikasi lebih mudah dengan gaya sendiri.

Pada beberapa sekolah dasar lanjutan di Amerika, para guru menyadari cara yang optimal dalam mempelajari informasi baru. Mereka memahami bahwa beberapa siswa perlu diajarkan cara-cara yang lain dari metode mengajar standar. Jika siswa-siswa ini diajar dengan metode standar kemungkinan kecil mereka dapat memahami apa yang diberikan. Mengetahui gaya belajar yang berbeda ini telah membantu para guru di mana pun untuk dapat mendekati semua atau hampir semua siswa hanya dengan menyampaikan informasi dengan gaya yang berbeda-beda.

Rita Dunn, seorang pelopor di bidang gaya belajar, telah menemukan banyak variabel yang mempengaruhi gayabelajar siswa.
Faktor-faktor tesebut antara lain:
1. Faktor fisik
2. Faktor emosional
3. Faktor sosiologis
4. Faktor lingkungan.

Berdasarkan faktor-faktor di atas dapat disimpulkan bahwa
sebagian siswa dapat belajar paling baik dengan cahaya yang terang, sedang sebagian yang lain dengan pencahayaan yang suram. Ada siswa yang belajar paling baik secara berkelompok, sedangkan yang lain lagi memilih adanya figur yang otoriter seperti orang tua atau guru, yang lain lagi merasa bahwa bekerja sendirilah yang paling efektif bagi mereka. Sebagaian orang memerlukan musik sebagai iringan belajar, sedang yang lain tidak dapat berkonsentrasi kecuali dalam keadaan ruangan sepi. Ada siswa yang memerlukan lingkungan kerja yang teratur dan rapi, tetapi yang lain lagi lebih suka menggelar segala sesuatunya supaya dapat dilihat.

Ketika belajar siswa perlu berkosentrasi dengan baik. Untuk bisa berkonsentrasi dengan baik, perlu adanya lingkungan yang mendukung belajar siswa. Faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi konsentrasi belajar siswa antara lain:

1. Suara
Tiap siswa mempunyai reaksi yang bebeda-beda terhadap suara, ada yang menyukai belajar dengan mendengarkan musik lembut, keras ataupun nonton televisi. Ada juga yang menyukai belajar dalam suasana sepi dan ada juga yang menyukai belajar dalam suasana ramai dalam belajar kelompok.

2. Pencahayaan
Pencahayaan merupakan faktor yang kurang pengaruhnya kurang dirasakan dibandingkan pengaruh suara. Hal ini dapat diatur dengan mudah dan pencahayaan yang dibutuhkan siswa agar dapat berkosentrasi dalam belajar.

3. Temperatur
Tiap siswa juga mempunyai selera yang berbeda-beda. Ada yang suka tempat sejuk, ada juga yang lebih menyukai tempat yang hangat.

4. Desain belajar
Desain belajar ada dua macam, yaitu desain belajar formal dan belajar desain belajar tidak formal. Desain formal contohnya  belajar di meja belajar lengkap dengan alat-alatnya, sedang desain tidak formal belajar dengan santai, duduk di lantai, duduk di sofa ataupun sambil tiduran.

demikianlah pemaparan tentang  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gaya Belajar. semoga bermanfaat.

Sumber:
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, op.cit., hlm. 71