Tiga Cabang Filsafat Ilmu, Ontologi, Epistimologi, dan Axiologi.

wawasanpendidikan.com kali ini sobat pendidikan akan berbagi artikel tentang cabang-cabang filsafat ilmu . Ada tiga cabang filsafat ilmu yaitu secara garis besarnya adalah Ontologi, Epistimologi, dan Axiologi.
1.      Ontologi
Dalam kamus besar bahasa indonesia diterjemahkan makna dari ontologi itu sendiri yaitu cabang ilmu filsafat yang berhubungan dengan hakikat hidup. Lebih spesifik dalam kuliah prof noeng menjelaskan bahwa ontologi itu lebih menjelaskan tentang ada, tentang objek atau esensi keberadaan sesuatu. Objek yang menjadi kajian dalam ontologi tersebut adalah realita yang ada dan dalam ontologi adalah studi tentang yang ada yang universal, dengan mencari pemikiran semesta universal. Ontologo berusaha mencari inti yang termuat dalam setiap kenyataan atau menjelaskan yang ada dalam setiap bentuknya.
2.      Epistimologi
Dalam kamus besar bahasa indonesia diterjemahkn makna dari epistemologi adalah cabang dari ilmu filsafat tentang dasar-dasar dan batasan-batasan pengtahuan.lebih spesifik dijelaskan bahwa bagaimana kebenaran didapatkan oleh manusia dalam hai ini cara menangkap keberadaan sesuatu dan mengetahui adanya.
3.      Axiologi
Dalam kamus besar bahasa indonesia diterjemahkn makna dari axiologi tersebut adalah kegunaan ilmu pengetahuan dalam kehidupan manusia atau kajian tentang nilai khususnya etika. Lebih spesifik makna dari axiologi itu adalah tentang nilai dari adanya sesuatu tersebut. Axiologi itu sendiri terdiri dari 2 cabang ilmu lain yaitu estetika dan etika.
a.  Estetika berhubungan dengan akal, persepsi dan apresiasikeindahan. Hai ini luas danmeliputi segala sesuatuyang berhubungan dengan apresiasi seni dan budaya.
b.   Etika berkaitan dengan moralitas dan nilai-nilai. Etika berusaha untuk memahami dasarmoral, perkembangannya dan bagaimana harus diikuti.

semoga bermanfaat....