Filsafat Kebijakan, 3 Dataran Kebenaran

wawasanpendidikan.com Pada pembahasan sebelumnya yaitu tentang Filsafat Teknologi, Pragmatisme dan Teknologi Agung telah dijelaskan bahwa seiring berkembangnya ilmu dan teknologi, muncullah beberapa faham yang semakin berkembang. Mulai dari faham pragmatisme yang menitik berapkan pada bagaimana kegunaan ilmu itu sendiri. Dikatakan ilmu jika memiliki nilai kegunaan. Sedangkan pada teknologi agung lebih pada bagaimana ditemukannya ilmu dan pnerapannya adalah semata-mata untuk mengagungkan sesuatu. Seperti di buatnya piramida untuk mengagungkan raja sebagai tempat peristirahatan terakhir. Dan pada bagian ini berkembang pada filsafat kebijakan.
Perkembangan ilmu dan teknologi yang diiringi dengan berkembangnya faham-faham digambarkan dari 3 dataran kebenaran antara lain:

1.Kebenaran dataran pertama
Kebenaran ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu kebenaran dataran pertama epistimologi yang  menkankan kebenaran rasional, empirik dan logis. Ementara kebenaran ontologi adalah kebenaran yang transenden yang didukung oleh bukti rasional empirik. Dan kebenaran axiologik yaitu kebenaran atas moral, etik

2.Kebenaran dataran kedua
Pada kebenaran dataran kedua lebih memaknai suatu ilmu dan teknologi dengan sudutpandang fungsional, efisien, dan produktif. Sehingga dikatakan benar jika memiliki nilai manfaat.

3.Kebenaran dataran ketiga
Pada kebenaran dataran ketiga merupakan inti dari filsafat kebijakan dimana, kbenaran bukan hanya dipandang dari nilai gunanya tetapi selain memiliki nilai guna, juga menekankan nilai kemanusiaan atau humanistik.

semoga bermanfaat.....