Pengertian Evaluasi Dalam Pengajaran Menurut Para Ahli

wawasanpendidikan.com, evaluasi selalu berkaitan erat dalam kehidupan sehari-hari disadari atau tidak disadari.yah paling tidak dalam mengambil suatu tindakan atau keputusan, perlu terlebih dahulu dilakukan evaluasi. katakanlah pada saat memilih jeruk di pasar, cenderung memilih yang kulitnya halus, warnanya kuning, dan ukurannya besar. pada saat itu kita sudah melalukan evaluasi terhadap buah jeruk tersebut dengan harapan akan mendapatkan jeruk yang manis. namun, saat ini sobat pendidikan becenderung membahas evaluasi berkenaan dengan pendidikan. kali ini sobat pendidikan berbagi tentang Pengertian Evaluasi dalam Pengajaran Menurut Para Ahli. semoga artikel tersebut dapat bermanfaat.

Dalam arti luas, evaluasi adalah suatu proses merencanakan, memperoleh dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membantu alternatif-alternatif keputusan (mehrens dan lehmann, 1978). sesuai dengan pengertian tersebut, maka setiap kegiatan evaluasi atau penilaian merupakan suatu proses yang sengaja direncanakan untuk memperoleh informasi atau data. berdasarkan data tersebut, kemudian dicoba membuat satu keputusan sudah barang tentu informasi atau data yang dikumpulkan ituharus data yang sesuai dan mendukung tujuan evaluasi yang direncanakan. sebagai contoh, seorang pemuda berusaha memperoleh informasi tentang berbagai hal mengenai diri pacarnya. ia menanyakan pendidikan pacarnya, keadaan sdan kehidupan keluarganya, pekerjaan orang tuanya, dan sebagainya, baik secara langsung maupun tidak langsung. adapun data yang menyangkut pribadi dan sifat-sifat pacarnya diteliti melalui pergaulan sehari-hari diantara mereka berdua. semua ini dilakukan pemuda tersebut guna untuk mengambil suatu keputusan apakah pacarnya ini merupakan idola yang cocok untuk dirinya untuk segera dijadikan teman hidupatau tidak. apa yang dilakukan pemuda tersebut merupakan salah satu contoh dari kegiatan evaluasi. 
dalam hubungannya dengan kegiatan pengajaran, beberapa pendapat para ahli tentang evaluasi pendidikan antara lain:
1. Norman E. Gronlund 1976 merumuskan pengertian evaluasi sebagai berikut: evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau mmbuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa. 
2. Wrightstone mengemukakan rumusan evaluasi pendidikan sebagai berikut. evaluasi pendidikan adalah penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa kearah tujuan-tujuan atau nilai-nilai yang telah ditetapkan didalam kurikulum