Makalah Industri Pembuatan Sirup Serta Pemanfaatan Limbah Markisa

wawasanpendidikan.com; kali ini sobat pendidikan berbagi lagi ilmu melalui makalah tentang Makalah Industri Pembuatan Sirup Serta Pemanfaatan Limbah Markisa. semoga bermanfaat. dan selamat mencoba.

Sirup adalah cairan berkadar gula tinggi. Untuk rasa dan flavor, sirup dilarutkan dengan sari buah, atau larutan gula ditambah dengan buah.

Makalah Industri Pembuatan Sirup Serta Pemanfaatan Limbah Markisa

Sirup markisa dapat disimpan lama tanpa penambahan bahan dan tanpa sterilisasi karena tingginya kadar gula (67,5%) dan rendahnya pH (di bawah 4,0).

Pembuatan sirup markisa cukup mudah, dan dapat dikerjakan dengan alat sederhana. Pada tulisan ini dijelaskan pengelolaan sirup markisa untuk industri kecil.


A. BAHAN
  •  Markisa. Buah yang digunakan adalah buah yang sudah matang sempurna.
  • Gula psir putih bersih. Gula digiling ata diblender sampai halus.
  • Natrium bisulfit. Bahan ini digunakan untuk mencegah reaksi pencoklatan pada sari buah markisa.
  •  Bahan pewarna kuning untuk minuman dan makanan.
  • Air berkaporit 4-8 ppm. Untuk membuat 1 m 3 air berkaporit dilakukan dengan melarutkan 4 sampai 8 g kaporit ke dalam 1 m 3 air bersih.
  • Larutan CMC. Bahan ini digunakan utnuk mengentalkan sirup. Sebelum digunakan, CMC direndam di dalam air selama semalam. Setiap 1 gram CMC direndam di dalam 50 ml air. Setelah itu, dilakukan pengadukan agar semua CMC terlarut.

B. PERALATAN
  • Pisau dan talenan. Alat ini digunakan untuk membelah buah markisa yang akan diekstrak cairan buahnya.
  • Ember atau baskom plastik. Alat ini digunakan untuk menampung cairan (sari buah) dari hasil pemerasan markisa.
  • Kain saring. Alat ini digunakan untuk menyaring sari markisa.
  • Panci tahan asam. Alat ini digunakan untuk memasak sirup markisa.
  • Pemisah cairan buah. Alat ini digunakan untuk memisahkan cairan dari biji dan pulp. Ada dua jenis alat yang dapat digunakan untuk pemisah, yaitu alat pres, dan pemisah sentrifugal.

C. CARA PEMBUATAN

Makalah Industri Pembuatan Sirup Serta Pemanfaatan Limbah Markisa

 Pencucian buah. Buah dicuci dengan deterjen, kemudian dibilas dengan air bersih. Setelah itu buah direndam di dalam air yang mengandung kaporit 4-8 ppm selama 15 menit. Setelah itu, buah ditiriskan. Ekstraksi sari buah. Buah dibelah dua, dan isi buah dikeluarkan dan buah ditempatkan pada wadah yang bersih.

a.   Pemisahan dengan pemisah sentrifugal. Isi buah dimasukkan ke dalam selinder alat pemisah sentrifugal untuk pemisahan cairan sari buah dari biji dan pulp. Selinder dijalankan dengan motor listrik dengan kecepatan 3000-5000 rpm.

b.  ..............................................



 untuk makalah lengkap dapat di download disini

semoga makala tentang Industri Pembuatan Sirup Serta Pemanfaatan Limbah Markisa dapat bermanfaat. selamat mencoba.