Pendapat Ahli Tentang Belajar, Hasil Belajar serta faktor yang Mempengaruhi Proses dan Hasil Belajar.

Wawasan Pendidikan,- sobar pendidikan, kali ini akan berbagi artikel tentang Pendapat Ahli Tentang Belajar, Hasil Belajar serta faktor yang Mempengaruhi Proses dan Hasil Belajar. selamat membaca.
Pendapat Ahli Tentang Belajar, Hasil Belajar serta faktor yang Mempengaruhi Proses dan Hasil Belajar.

Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan. Belajar bukan hanya mengingat tapi juga mengalami. Bukti bahwa sesorang telah melakukan kegiatan belajar adalah adanya perubahan tingkah laku (Hamalik, 2003). Hal tersebut senada dengan pernyataan Slameto (2003) bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungan.
Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar. Proses pembelajaran    dianggap berhasil jika siswa mampu mencapai tujuan yang telah ditentukan (Hamalik, 2003).
  Mulyono (2003) menyatakan bahwa Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Hasil belajar merupakan gambaran tingkat penguasaan siswa terhadap sasaran belajar pada topik bahasan yang diajarkan.
Hasil belajar siswa dapat diukur langsung dengan menggunakan tes hasil belajar. Tes hasil belajar adalah suatu tes yang dapat mengukur prestasi seseorang dalam bidang tertentu sebagai hasil dari proses belajar yang dilakukan secara sengaja dalam bentuk pengetahuan, pemahaman, keterampilan, nilai dan sikap (Masidjo, 2005). Kemampuan menjawab hasil tes sebagai hasil pengukuran (dapat berupa skor atau nilai) merupakan salah satu indikator keberhasilan yang dapat dicapai seseorang dalam usaha belajarnya. Jadi, yang dimaksud dalam penelitian ini adalah nilai yang diperoleh siswa dalam bidang studi kimia selama mengikuti proses belajar mengajar. Nilai tersebut adalah skor yang diolah dari hasil pemberian tes kimia.
Menurut Benyamin S. Bloom (dalam Sudjana, 1995), aspek dalam penilaian hasil belajar meliputi berbagai aspek yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.
Nawawi (1981:127) membedakan hasil belajar menjadi tiga macam yaitu:
a.  Hasil belajar yang berupa kemampuan, keterampilan atau kecakapan di dalam melakukan atau mengerjakan suatu tugas, termasuk di dalamnya keterampilan menggunakan alat.
b.     Hasil belajar  yang berupa kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan tentang apa yang dikerjakan, dan
c.    Hasil belajar yang berupa perubahan sikap dan tingkah laku.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar (Ahmadi, 2005), yaitu:
a.    Faktor raw input (faktor siswa itu sendiri) dimana tiap anak memiliki kondisi yang berbeda-beda dalam kondisi sosiologis dan kondisi psikologis.
b.   Faktor environmental input (faktor lingkungan) baik lingkungan alami maupun lingkungan sosial.
c.  Faktor instrumental input, yang didalamnya antara lain terdiri dari kurikulum, program/bahan pengajaran, sarana dan fasilitas serta tenaga pengajar (guru).

semoga artikel tentang Pendapat Ahli Tentang Belajar, Hasil Belajar serta faktor yang 
Mempengaruhi Proses dan Hasil Belajar. dapat bermanfaat.